Apple Mulai Produksi iPhone Xs di India Tahun Ini

Pimpinan Foxconn Group Terry Gou mengatakan Apple Inc akan memulai produksi massal iPhone di India tahun ini, setelah sebelumnya memusatkan produksi di China.
Aprianto Cahyo Nugroho | 15 April 2019 16:44 WIB
Logo Apple Inc. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Pimpinan Foxconn Group Terry Gou mengatakan Apple Inc akan memulai produksi massal iPhone di India tahun ini, setelah sebelumnya memusatkan produksi di China.

Gou mengatakan bahwa Perdana Menteri India Narendra Modi telah mengundangnya ke India ketika perusahaan asal Taiwan tersebut merencanakan ekspansi di India. Apple telah memiliki ponsel iPhone generasi lawas yang diproduksi di pabrik di Bangalore selama beberapa tahun terakhir, tetapi akan memperluas produksi ke model yang lebih baru seperti iPhone Xs.

Seperti dilansir Bloomberg, Foxconn siap untuk memulai produksi percobaan iPhone terbaru di negara itu sebelum memulai perakitan skala penuh di pabriknya yang terletak di selatan kota Chennai.

"Di masa mendatan, kami akan memainkan peran yang sangat penting dalam industri ponsel pintar India. Kami telah memindahkan jalur produksi kami ke sana," ungkap kata Gou di sebuah acara di Taiwan, seperti dikutip Bloomberg.

India telah menjadi pasar ponsel pintar yang tumbuh paling cepat di dunia, sementara pasar di China mandek dan Apple kehilangan pangsa pasar ke tangan pesaing lokal seperti Huawei Technologies Co. dan Xiaomi Corp.

Pangsa pasar Apple di India selama ini terbilang kecil karena harganya yang tinggi, tetapi produksi lokal akan membantu perusahaan yang berbasis di Cupertino, California ini menghindari bea impor sebesar 20 persen.

"Untuk Foxconn, pasar iPhone di China sudah jenuh, dan biaya tenaga kerja tiga kali lebih tinggi dibandingkan dengan India," kata Karn Chauhan, seorang analis di Counterpoint Research.

"India masih merupakan pasar smartphone yang sedang berkembang, negara tersebut memiliki banyak potensi di dalam negeri dan dapat berfungsi sebagai pusat ekspor," lanjutnya.

Penjualan ponsel pintar di India mencapai lebih dari 140 juta unit tahun lalu. Dari angka tersebut, Apple hanya mengantongi penjualan 1,7 juta ponsel pintar, karena konsumen lebih menyukai ponsel yang lebih murah dari China.

Di website resmi Xiaomi di India, Redmi Note 7 memiliki harga 9.999 rupee (Rp2 juta), hanya sepersepuluh dari harga iPhone Xs di negara ini.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
iphone

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup