Ini Cerita Jokowi Ketika Masuk ke Kakbah

Ibadah umrah ini dilakukan 2 hari sebelum Pemilihan Presiden pada 17 April 2019. Sebelum Pemilihan Presiden 2014, Jokowi juga beribadah umrah bersama keluarganya.
Yodie Hardiyan | 15 April 2019 19:07 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden sekaligus calon presiden Joko Widodo menceritakan pengalamannya ketika masuk ke Kakbah di Mekah, Arab Saudi, Senin (15/4/2019) subuh.

Jokowi mendapatkan kesempatan masuk ke Kakbah bersama rombongan terbatas, termasuk istrinya, Iriana dan dua putranya, Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming. Kesempatan masuk ke Kakbah ini merupakan bagian dari ibadah umrah Jokowi di sela-sela kunjungannya ke Arab Saudi.

Ibadah umrah ini dilakukan 2 hari sebelum Pemilihan Presiden pada 17 April 2019. Sebelum Pemilihan Presiden 2014, Jokowi juga beribadah umrah bersama keluarganya.

Dalam kesempatan pada 2019 ini, Jokowi mendapatkan pengalaman yang tidak dia dapatkan pada 2014. Jokowi mengaku tidak pernah membayangkan akan memperoleh kehormatan dan kesempatan masuk ke Kakbah.

“Tak pernah terbayangkan dalam hidup saya, akan memperoleh kehormatan dan kesempatan ini: datang ke Masjidil Haram, berjalan menapak tangga kayu, melewati ambang pintu Kakbah, lalu masuk ke dalamnya,” tulis akun resmi Jokowi di Facebook.

Di luar Kakbah, menurut Jokowi, dirinya melihat ribuan orang dari berbagai bangsa sedang bertawaf, bergerak melingkar mengelilingi Kakbah. Menjelang subuh Jokowi telah berada di dalam Kakbah, di ruangan kosong yang sedikit gelap, bersama istri dan anak-anaknya. Jokowi kemudian menunaikan salat sunnah dua rakaat ke arah empat penjuru.

“Perasaan saya sempat gamang, harus menghadap ke mana? Dan akhirnya saya ingat: ini di dalam Kakbah. Saya bisa salat menghadap ke arah mana saja,” tulis Jokowi.

Setelah itu, menurutnya, azan subuh sedang berkumandang di Masjidil Haram ketika dirinya menuruni tangga keluar dari pintu Kakbah, disusul oleh Iriana, Gibran dan Kaesang. Jokowi menggambarkan perasaannya saat menuruni tangga keluar itu “dengan rasa syukur yang tiada terhingga.”

“Saya akan mengingat kesempatan ini sepanjang hidup,” tulis Jokowi yang akan menghadapi rival lamanya, Prabowo Subianto, dalam Pilpres 2019.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jokowi, makkah

Editor : M. Taufikul Basari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup