Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KENAL DAPIL : Mampukah Tsamara Amany dan Liliana Tanoesudibjo Mencuri Suara di Dapil DKI II ?

Daerah Pemilihan DKI II tidak hanya mencakup wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan di Pemilu 2019. Dapil ini juga menjangkau pemilih di luar negeri.

Kabar24.com, JAKARTA — Isu surat suara tercoblos di Selangor, Malaysia, mau tak mau pasti menyeret Daerah Pemilihan DKI Jakarta II.

Pasalnya, pemilih di luar negeri bukan hanya memilih pasangan calon presiden dan wakil presiden, tetapi juga mencoblos surat suara calon anggota DPR. Kawasan diaspora tergabung bersama-sama dengan Kota Jakarta Pusat dan Kota Jakarta Selatan dalam Dapil DKI II.

Data Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunjukkan sekitar 2,06 juta warga perantau di luar negeri tercantum dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pileg 2019. Bila digabung dengan pemilih di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan, pemilik hak suara di Dapil DKI II mencapai 4,56 juta orang.

Meski secara kuantitas besar, partisipasi pemilih Dapil DKI II tidak terlalu mengembirakan. Pada Pileg 2014, total suara sah dapil tersebut hanya 1,85 juta suara. Dari jumlah itu, sebanyak 421.193 suara berasal dari luar negeri.

Pada Pileg 2019, Dapil DKI II kembali diminati oleh tokoh-tokoh populer baik yang berlatar belakang politisi maupun selebriti, termasuk tujuh petahana anggota DPR.

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid tetap masuk daftar unggulan atas dapil ini mengingat politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut memperoleh coblosan terbanyak pada Pileg 2014. Untuk kategori parpol, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) merupakan juara bertahan.

Dua kadernya, Eriko Sotarduga dan Masinton Pasaribu, kembali didaftarkan sebagai caleg. Tokoh muda Nahdlatul Ulama (NU) Zuhairi Misrawi menambah kekuatan politisi muda PDIP.

Partai Gerindra, yang bersama PKS merupakan pengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, tetap percaya dengan Biem Triani Benjamin. Adapun, Partai Amanat Nasional (PAN) berharap bisa melepas puasa kursi karena mencalonkan salah satu pendukung militan Anies, Eggi Sudjana.

Partai Persatuan Indonesia (Perindo) menjagokan istri bos partai itu, Liliana Tanaja Tanoesoedibjo. Sebagai parpol pendatang baru, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengharapkan popularitas kader mudanya, Tsamara Amany.

Anak muda lainnya, Davin Kirana, didaftarkan oleh Partai Nasdem. Meski Davin bukan sosok populer, tetapi ayahnya, Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Rusdi Kirana, lebih akrab di telinga.

PETAHANA DAPIL DKI JAKARTA II 

Partai Politik 

Petahana 

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan 

Eriko Sotarduga 

Masinton Pasaribu 

Partai Golkar 

Musthafa Bakri 

Partai Gerindra 

Biem Triani Benjamin 

Partai Demokrat 

Melani Leimena Suharli 

Partai Keadilan Sejahtera 

Hidayat Nur Wahid 

Partai Persatuan Pembangunan 

Lena Maryana 

PEMILIH DAPIL DKI JAKARTA II 

Kota 

DPT 

Kota Jakarta Pusat 

809.975 

Kota Jakarta Selatan 

1.694.316 

Luar Negeri 

2.058.191 

Total 

4.562.482 

PEROLEHAN SUARA PARPOL PILEG 2014 DAPIL DKI JAKARTA II 

Partai Politik 

Suara 

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan 

493.938 

Partai Keadilan Sejahtera 

261.477 

Partai Gerindra 

250.800 

Partai Golkar  

174.908 

Partai Persatuan Pembangunan 

153.147 

Partai Demokrat 

144.339 

Partai Kebangkitan Bangsa 

108.440 

Partai Hanura 

101.191 

Partai Nasdem 

69.286 

Partai Amanat Nasional 

63.158 

Partai Bulan Bintang 

19.005 

Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia 

10.444 

Total  

1.850.133 

 Sumber: DPR, KPU 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper