Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KENAL DAPIL : Haji Lulung Bersaing dengan Keponakan Prabowo dan Yusril Ihza Mahendra di Dapil DKI III

Nama Abraham Lunggana alias Haji Lulung cukup dikenal publik sebagai anggota DPRD DKI Jakarta. Saat ini, dia menjajal peruntungan dengan naik kasta.

Kabar24.com, JAKARTA — Mantan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abraham Lunggana alias Haji Lulung terpaksa pindah dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) buntut perselisihan internal di tubuh partai berbasis massa Islam tersebut.

Pelabuhan Lulung berikutnya adalah Partai Amanat Nasional (PAN). Namun, dia tak lagi mengincar kursi parlemen tingkat provinsi, melainkan berupaya naik kelas ke DPR RI.

Lulung pun didaftarkan PAN di Daerah Pemilihan DKI Jakarta III. Tempat tinggal Lulung, Kota Jakarta Barat, merupakan salah satu cakupan dapil tersebut bersama dengan Kota Jakarta Utara dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

Bila Lulung hendak naik kasta dalam karir politiknya, lain lagi dengan Ketua Umum DPP Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra. Sejak Reformasi sampai saat ini, nama Yusril lebih sering disebut-sebut dalam jajaran calon presiden atau calon wakil presiden.

Namun, bekas Menteri Sekretaris Negara itu rela ‘turun kelas’ untuk memperebutkan kursi anggota DPR. Yusril yang terdaftar di Dapil DKI III tak hanya berjuang merebut suara, tetapi bagaimana memimpin PBB agar lolos ambang batas parlemen 4% suara sah nasional.

Debutan Dapil DKI III lainnya adalah Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie. Sama seperti PBB, PSI disebut-sebut lembaga survei belum aman mendapatkan 4% suara sah nasional sebagai syarat utama calegnya masuk DPR.

Para debutan tersebut berkontes di Dapil DKI III yang merupakan basis Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Merujuk hasil Pileg 2014, PDIP meraup 615.225 suara.

Dengan metode bilangan pembagi pemilih (BPP) saat itu, parpol penguasa tersebut mengirimkan tiga kader ke DPR yakni Charles Honoris, Effendi Simbolon, dan Darmadi Durianto. Tiga jagoan PDIP itu kembali didaftarkan sebagai caleg.

Kuatnya penetrasi PDIP tersebut membuat bekas Wakil Kepala Polri Adang Daradjatun hanya mampu membawa Partai Keadilan Sejahtera (PKS) duduk di peringkat lima perolehan suara. Satu kursi jatah PKS direbut Adang sendiri dan berupaya dipertahankannya dalam Pileg 2019.

Partai Gerindra yang duduk di peringkat kedua pada Pileg 2014 menghantarkan Aryo Djojohadikusumo ke Senayan. Namun, keponakan bos Gerindra Prabowo Subianto itu ogah bertarung lagi dan menyiapkan tempat untuk sang adik, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, yang pindah dari Dapil Jawa Tengah IV.

Tercatat sekitar 3 juta pemilih berdiam di Dapil DKI III. Suara mereka itulah yang diperebutkan para caleg untuk menjamin satu dari delapan kursi Senayan bisa mereka duduki.

PETAHANA DAPIL DKI JAKARTA III 

Partai Politik 

Petahana 

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan 

Effendi Simbolon 

Darmadi Durianto 

Charles Honoris 

Partai Golkar 

Ivan Doly Gultom 

Partai Gerindra 

Aryo P.S. Djojohadikusumo 

Partai Keadilan Sejahtera 

Adang Daradjatun 

Partai Nasdem 

Ahmad Sahroni 

Partai Persatuan Pembangunan 

Abdul Aziz 

PEMILIH DAPIL DKI JAKARTA III 

Kabupaten/Kota 

DPT 

Jakarta Utara 

1.253.753 

Jakarta Barat 

1.738.262 

Kepulauan Seribu 

19.013 

Total 

3.001.028 

PEROLEHAN SUARA PARPOL PILEG 2014 DAPIL DKI JAKARTA III 

Partai Politik 

Suara 

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan 

615.225 

Partai Gerindra 

201.376 

Partai Persatuan Pembangunan 

173.436 

Partai Golkar  

143.048 

Partai Keadilan Sejahtera 

138.399 

Partai Nasdem 

119.147 

Partai Hanura 

117.344 

Partai Demokrat 

92.272 

Partai Amanat Nasional 

62.146 

Partai Kebangkitan Bangsa 

55.318 

Partai Bulan Bintang 

16.820 

Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia 

7.940 

Total  

1.742.471 

Sumber: DPR, KPU 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper