Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KENAL DAPIL : Hanif Dhakiri dan Lukman Hakim Saifuddin Bersaing di Dapil Jabar VI

Dua menteri Kabinet Kerja, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, bersiang di Daerah Pemilihan Jawa Barat VI.

Kabar24.com, JAKARTA — Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ‘menggebrak’ Daerah Pemilihan Jawa Barat VI dengan mencantumkan nama dua menteri sebagai calon anggota legislatif atau caleg.

Penempatan Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri asal PKB dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin asal PPP tak lain untuk merebut kursi yang urung didapat pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014.

Kontestasi 5 tahun lalu hanya mendudukkan PPP dan PKB masing-masing di peringkat delapan dan sembilan klasemen perolehan suara, sementara itu kuota Dapil Jabar VI sebanyak enam kursi.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berhak mengirimkan dua wakil ke Senayan, sisanya terdistribusi ke empat parpol. Motivasi PDIP dan empat parpol lain pun terlihat ingin mempertahakan capaian Pileg 2019 dengan memasang para petahana.

Hanif dan Lukman memang berpengalaman ikut pileg, tetapi basis mereka sebelumnya adalah di Jawa Tengah. Modal suara partai memang dimiliki, tetapi keduanya harus menjual ketokohan seperti halnya caleg lain yang bertarung di Dapil Jabar VI.

Sama penasarannya dengan PPP dan PKB karena 5 tahun lalu nirkursi adalah Partai Nasdem. Namun, kini pemain sinetron Lucky Hakim ditampung oleh partai itu. Keunggulan Lucky adalah keberhasilannya menembus Senayan pada Pileg 2014 dari bekas partainya, Partai Amanat Nasional.

Alokasi enam kursi memang terbilang sedikit untuk Dapil Jabar VI yang tercatat memiliki 2,99 juta pemilih di Kota Bekasi dan Kota Depok.

PETAHANA DAPIL JABAR VI 

Partai Politik 

Petahana 

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan 

Sukur Nababan 

Risa Mariska 

Partai Golkar 

Wenny Haryanto 

Partai Gerindra 

Nuroji 

Partai Amanat Nasional 

Intan Fitriana Fauzi 

Partai Keadilan Sejahtera 

Mahfudz Abdurrahman 

 Sumber: DPR, KPU 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper