Trump : Dalam Empat Pekan Kesepakatan Dagang dengan China Beres

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan akan mengumumkan hasil kesepakatan perdagangan dengan China dalam waktu sekitar empat pekan, meski mengakui masih ada persoalan yang belum disepakati.
John Andhi Oktaveri | 05 April 2019 06:32 WIB
Presiden AS Donald Trump (kiri) dan Presiden China Xi Jinping saat bertemu di KTT G20 di Hamburg, Jerman, pada 8 Juli 2017. - Reuters/Saul Loeb

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan akan mengumumkan hasil kesepakatan perdagangan dengan China dalam waktu sekitar empat pekan, meski mengakui masih ada persoalan yang belum disepakati.

Berbicara kepada wartawan di Gedung Putih pada awal pertemuan dengan Wakil Perdana Menteri China Liu He, Trump mengatakan beberapa poin sulit telah disepakati meski masih ada perbedaan yang harus dijembatani.

“Ada peluang sangat, sangat bagus untuk diraih. Saya pikir itu akan bagus untuk kedua negara, ”kata Trump seraya menambahkan bahwa dia akan mengadakan pertemuan puncak dengan Presiden China, Xi Jinping jika segera dicapai kesepakatan.

"Saya akan mengatakan kita akan tahu selama empat minggu ke depan," kata Trump sebagaimana dikutip Reuters, Jumat (5/4/2019).

China dan Amerika Serikat masih melakukan negosiasi yang intens untuk mengakhiri perang dagang selama berbulan-bulan antara dua ekonomi terbesar dunia yang telah mengguncang pasar global.

Hanya saa Trump menolak untuk mengatakan apa yang akan terjadi pada tarif yang diberlakukan AS atas produk impor China senilai US$250 miliar yang menjadi bagian dari kesepakatan.

Ketika ditanya tentang manfaat dari perjanjian untuk China, Trump mengatakan China “akan terus berdagang dengan Amerika Serikat. Kalau tidak, akan sangat sulit bagi kita untuk membiarkan itu terjadi, ” katanya tanpa penjelasan lebih lanjut.

 

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Donald Trump, perang dagang AS vs China

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup