Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KENAL DAPIL : Nasdem Andalkan Suyoto dan Tessa Kaunang di Dapil Jatim IX

Partai Nasdem meminang salah satu politikus populer di Dapil Jatim IX yang meliputi Kabupaten Tuban dan Kabupaten Bojonegoro itu. Sosok tersebut adalah Bupati Bojonegoro 2008-2018, Suyoto.

Kabar24.com, JAKARTA — Partai Nasional Demokrat (Nasdem) getol menggarap daerah pemilihan yang tidak menyumbangkan kursi pada Pileg 2014.

Seperti itu pula terlihat di Daerah Pemilihan Jawa Timur IX. Pada 5 tahun lalu, Nasdem bertenger di peringkat ketujuh, sehingga gagal merebut satu dari kuota enam kursi yang terbagi rata untuk enam parpol.

Tak mau terulang, Partai Nasdem meminang salah satu politikus populer di Dapil Jatim IX yang meliputi Kabupaten Tuban dan Kabupaten Bojonegoro itu. Sosok tersebut adalah Bupati Bojonegoro 2008-2018, Suyoto.

Demi melanjutkan karier politik, Suyoto mengikuti Pileg 2019 dan meninggalkan Partai Amanat Nasional (PAN) yang telah menghantarkan dirinya dua periode jadi kepala daerah. Bekal Suyoto memimpin Bojonegoro selama 10 tahun tentu lebih mudah meyakinkan pemilih.

Di samping Suyoto, Nasdem pun memasang nama tenar lain, pemain sinetron Tessa Kaunang. Perempuan bernama asli Thessalonica Indria Roxana Aryani Anes Kaunang ini meramaikan jajaran calon anggota legislatif (caleg) Nasdem berlatar belakang selebritis yang ditebar di sejumlah dapil.

Berdasarkan hasil Pileg 2014, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berstatus penguasa Dapil Jatim IX. Kala itu, sumbangsih Anna Muawanah sebanyak 95.621 suara membantu PKB duduk di peringkat pertama.

Namun, tidak ada lagi nama Anna dalam daftar caleg PKB. Tahun lalu, dia mengundurkan diri dari DPR guna mengikuti Pemilihan Bupati Bojonegoro 2018 dan berhasil menggantikan Suyoto.

Alhasil, pada Pileg 2019 PKB kembali mengandalkan petahana Lukmanul Khakim yang meneruskan jabatan Anna di DPR. Seperti itu pula lima parpol lain yang mengusung petahana untuk mempertahankan kursi incaran para kompetitor.

PETAHANA DAPIL JATIM IX 

Partai Politik 

Petahana 

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan 

Abidin Fikri 

Partai Golkar 

Satya Widya Yudha 

Partai Gerindra 

Wihadi Wiyanto 

Partai Kebangkitan Bangsa 

Lukmanul Khakim 

Partai Demokrat 

Didik Mukrianto 

Partai Amanat Nasional 

Bambang Budi Susanto 

 Sumber: DPR

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper