Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KENAL DAPIL : Mampukah Denada Menggoyang Cak Imin di Dapil Jatim VIII ?

Pada 5 tahun lalu, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin berhasil menembus Senayan dari Dapil Jatim VIII dan bertengger pada peringkat pertama di antara 10 perebut kursi DPR dengan 116.694 coblosan.

Kabar24.com, JAKARTA — Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar pernah merasakan efek elektoral penyanyi dangdut untuk mendongkrak suara partainya.

Menjelang Pileg 2014, Muhaimin alias Cak Imin menyatakan PKB akan mengajukan legenda musik dangdut Indonesia, Rhoma Irama, sebagai bakal calon presiden. Hasilnya, PKB yang sempat dipelesetkan menjadi ‘partainya ksatria bergitar’ memperoleh 9,04% total suara sah, meningkat dari 4,94% pada Pileg 2009.

Dalam skala yang lebih kecil, efek elektoral penyanyi dangdut hendak dimanfaatkan pula oleh Partai Amanat Nasional (PAN) pada Pileg 2019. Di Daerah Pemilihan Jawa Timur VIII, PAN mengusung biduanita dangdut Denada Tambunan sebagai calon anggota legislatif (caleg).

KENAL DAPIL : Mampukah Denada Menggoyang Cak Imin di Dapil Jatim VIII ?
 Denada/Antara

Artinya, Denada bakal bertarung di wilayah Cak Imin terdaftar sebagai caleg. Dapil Jatim VIII meliputi Kabupaten Jombang, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, dan Kota Mojokerto.

Lima tahun silam, Cak Imin berhasil menembus Senayan dari Dapil Jatim VIII dan bertengger pada peringkat pertama di antara 10 perebut kursi DPR dengan 116.694 coblosan. Pria kelahiran Jombang tersebut menghantarkan PKB meraih suara terbanyak kedua di bawah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Adapun, PAN menduduki peringkat ketujuh dan mengamankan satu kursi DPR atas nama Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio. Sayangnya, Eko hijrah ke Dapil Jakarta I pada kontestasi tahun ini sehingga PAN mengandalkan Denada untuk mempertahankan satu wakil dari Dapil Jatim VIII.

Selain Eko, petahana yang tidak lagi bercokol di Dapil Jatim VIII adalah Sareh Wiyono dari Partai Gerindra. Sementara itu, satu kursi petahana Partai Hanura yang ditinggal Dossy Iskandar Prasetyo masih belum diganti sampai saat ini. Dossy pindah ke Partai Nasdem dan kembali menjadi caleg pada Pileg 2019.

 PETAHANA DAPIL JATIM VIII 

Partai Politik 

Petahana 

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan 

Mindo Sianipar 

Sadarestuwati 

Partai Golkar 

Mohammad Suryo Alam 

Partai Gerindra 

Sareh Wiyono 

Partai Kebangkitan Bangsa 

Muhaimin Iskandar 

Anwar Rachman 

Partai Demokrat 

Guntur Sasono 

Partai Amanat Nasional 

Eko Hendro Purnomo 

Partai Nasdem 

Soehartono 

Partai Hanura 

Belum PAW 

   PEMILIH DAPIL JATIM VIII 

Kabupaten/Kota 

DPT 

Jombang 

1.001.817 

Nganjuk 

859.478 

Mojokerto 

831.172 

Madiun 

572.059 

Kota Madiun 

147.541 

Kota Mojokerto 

98.172 

Total 

3.510.241 

 Sumber: KPU, DPR 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper