Saling Berpelukan, Kemesraan Jokowi dan Prabowo Tutup Debat Keempat Pilpres 2019

Sempat terlibat debat intens, capres nomor urut 01 Joko Widodo dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto menutupnya dengan sebuah pelukan dan pesan-pesan persahabatan.
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com 30 Maret 2019  |  23:53 WIB
Saling Berpelukan, Kemesraan Jokowi dan Prabowo Tutup Debat Keempat Pilpres 2019
Capres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kanan) bersama Ketua KPU Arief Budiman sebelum mengikuti debat capres putaran keempat di Hotel Shangri La, Jakarta, Sabtu (30/3/2019). - ANTARA/Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, JAKARTA - Debat calon presiden putaran keempat dalam gelaran Pemilihan Presiden 2019 telah selesai digelar di Hotel Shangri-La, Jakarta pada Sabtu (30/3/2019) malam.

Sempat terlibat debat intens, capres nomor urut 01 Joko Widodo dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto menutupnya dengan sebuah pelukan dan pesan-pesan persahabatan.

Kala menyampaikan pidato penutup, Jokowi menyatakan bahwa Prabowo adalah sahabatnya. Terlepas dari perbedaan pendapat yang ditunjukkan keduanya dalam debat, Jokowi meyakini rantai persahabatan mereka tak akan putus.

"Pak Prabowo saya ini senang naik sepeda, saya senang sepeda dan sering ketika naik sepeda rantainya putus. Tapi percayalah pada saya, Pak Prabowo, bahwa rantai persahabatan kita tidak akan pernah terputus. Juga tali persahabatan saya, Pak Ma'ruf Amin dengan Pak Pabowo dan Pak Sandiaga Uno," ungkap Jokowi.

Senada dengan Jokowi, Prabowo pun menyatakan bahwa ia dan Jokowi merupakan sahabat kendati memiliki pandangan yang berbeda pandangan dalam hal bernegara.

"Jadi memang karena ini debat, Pak. Audiens kalau lihat kita terlalu bersahabat mereka enggak, jadi sulitnya memang ya gimana ya saya juga bersahabat sama beliau gimana, kalau kita berbeda, kita berbeda tentang kenegaraan," papar Prabowo.

Prabowo menyatakan perbedaan itu merupakan bagian dari demokrasi. Ia pun meminta maaf pada Jokowi dan memintanya maklum jika selama berdebat terkesan menyampaikan kata-kata bernada tinggi.

"Kadang-kadang maaf, Pak, suara keras suara saya ini setengah Banyumas, setengah Minahasa. Bapak kan Solo, halus, jadi kalau kalau Banyumas ini apa itu Batak-nya orang Jawa," ungkap Prabowo yang disertai tawa dan riuh dari arah hadirin.

Prabowo pun sempat menyebutkan sederet nama tokoh politik di kubu Jokowi-Ma'ruf yang juga dekat dengannya. Di antara nama itu, Prabowo turut menyebut Megawati, sosok yang pernah menjadi mitranya saat mencalonkan diri sebagai wakil presiden.

"Tapi saya juga yakinkan Bapak saya tetap bersahabat. Tokoh-tokoh semua sahabat saya, Ibu Mega, Mbak Yenny, semua sahabat sahabat saya, Mas Pram, jadi kita pun enggak akan putus persaudaraan kita," kata Prabowo.

Debat keempat ini pun ditutup dengan suasana penuh persahabatan. Jokowi dan Prabowo saling berpelukan. Di belakang mereka, foto-foto Jokowi dan Prabowo diperlihatkan di layar besar debat. Lagu 'Kemesraan' yang dipopulerkan Iwan Fals pun mengalun mengiringi akhir debat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jokowi, Jokowi, prabowo subianto, Pilpres 2019

Editor : Rahayuningsih

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top