5 Negara Eropa Tolak Putusan Trump Akui Dataran Tinggi Golan Milik Israel

Lima negara Eropa anggota Dewan Keamanan PBB masing-masing Belgia, Inggris, Prancis, Jerman, dan Polandia memutuskan untuk menolak keputusan Presiden AS Donald Trump yang mengakui Dataran Tinggi Golan sebagai wilayah Israel.
John Andhi Oktaveri | 27 Maret 2019 07:14 WIB
Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu (ketiga kanan) bertepuk tangan di belakang Presiden AS Donald Trump (bawah kiri) yang menunjukkan dokumen pengakuan AS atas kedaulatan Israel di Dataran Tinggi Golan dalam sebuah pertemuan di Gedung Putih, Washington, AS, Senin (25/3/2019). - Reuters/Carlos Barria

Bisnis.com, JAKARTA - Lima negara Eropa anggota Dewan Keamanan PBB masing-masing Belgia, Inggris, Prancis, Jerman, dan Polandia memutuskan untuk menolak keputusan Presiden AS Donald Trump yang mengakui Dataran Tinggi Golan sebagai wilayah Israel. 

Mereka menyuarakan keprihatinan atas langkah yang diambil Trump tersebut dan bersikukuh bahwa Golan merupakan wilayah Suriah. Menurut mereka, langkah Trump bisa memiliki konsekuensi luas.

"Kami tidak mengakui kedaulatan Israel atas wilayah-wilayah yang diduduki Israel sejak Juni 1967, termasuk Dataran Tinggi Golan, dan kami tidak menganggap wialayah itu sebagai bagian dari wilayah negara Israel," kata Duta Besar Belgia, Marc Pesteen de Buytswerve sebagaimana dikutip CNN.com, Rabu (27/3/2019).

Presiden Trump pada Senin (25/3/2019) menandatangani proklamasi berisikan pengakuan AS atas kedaulatan Israel di Dataran Tinggi Golan.  

Penjabat Duta Besar AS, Jonathan Cohen mengatakan keputusan itu dibuat untuk menentang Presiden Suriah Bashar al-Assad dan Iran. Keputusan itu langsung ditentang banyak negara. Rusia dan China bahkan sudah berbicara akan menentang keputusan AS tersebut saat pertemuan Dewan PBB. 

Penolakan yang sama juga dilakukan oleh Indonesia dan Afrika Selatan, dua negara yang selama ini mendukung kemerdekaan Palestina. 

PBB sendiri dijadwalkan akan membahas kebijakan AS atas Dataran Tinggi Golan pada hari ini. 

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pbb, israel, Donald Trump

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top