Masyarakat Indonesia Diminta untuk Tanggap Bencana

Masyarakat Indonesia Diminta untuk Tanggap Bencana
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 26 Maret 2019  |  16:57 WIB
Masyarakat Indonesia Diminta untuk Tanggap Bencana
Ilustrasi-Warga berada di lokasi terdampak gempa di Petabo, Palu Selatan, Sulawesi Tengah, Senin (1/10/2018). - ANTARA/Akbar Tado

Bisnis.com, JAKARTA – Bencana alam yang terjadi di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya. Kurangnya persiapan serta proses rehabilitasi terutama kebutuhan akan tempat tinggal dan saluran air bersih yang layak untuk para korban menjadi perhatian Habitat for Humanity dalam menjalankan bantuan kemanusiaan.

Susanto Samsudin, National Director of Habitat for Humanity Indonesia mengatakan kondisi Indonesia sebagai daerah rawan bencana menjadi salah satu pertanda diperlukan upaya bagi masyarakat untuk tanggap terhadap bencana. Respon terhadap bencana akan meminimalisir jatuhnya jumlah korban berlebihan.

“Melalui program Habitat Indonesia Disaster Response di Palu mulai bulan Oktober 2018 hingga Februari 2019, kami telah membangun beragam fasilitas untuk ratusan warga di daerah Sigi dan Donggala,” katanya dalam keterangan resminya, Selasa (26/3/2019)

Jimmy Masrin, International Board of Directors, Habitat for Humanity International mengatakan beberapa program dari Habitat for Humanity diciptakan untuk memberi kualitas hidup yang lebih baik kepada masyarakat seperti membangun rumah, membangun saluran air bersih dan fasilitas MCK.

“Hal ini menjadi bagian penting untuk kesehatan dan keberlangsungan hidup masyarakat,” ujarnya.

Belum lama ini, mereka mengadakan pertemuan antara home partner atau penerima bantuan dengan para sponsor sekaligus mengadakan acara Donor Appreciation Night. Agenda ini menjadi kesempatan untuk mengapresiasi para relawan yang telah aktif membantu dalam setiap kegiatan.

“Kami juga ingin menyampaikan apresiasi kami kepada media, volunteer, donor dan selebritis yang telah menyediakan perhatian, tenaga, waktu dan juga donasinya, yang tidak saja berasal dari pribadi tetapi juga perusahaan bahkan bantuan dari luar negeri dalam mewujudkan kehidupan masyarakat Indonesia yang lebih baik lagi” jelas Rick Hathaway, Area Vice President for Asia and the Pacific, Habitat for Humanity International.

Donor Appreciation Night menargetkan donasi hingga Rp. 700.0000.000 untuk target Disaster Reserve Fund selain juga membuka kesempatan kepada pihak yang ingin berdonasi melalui website habitatindonesia.org

Habitat for Humanity Indonesia terbentuk sejak tahun 1997 merupakan bagian dari 70 negara anggotanya. Pekerjaan terbesar yang pernah ditangani adalah untuk membantu korban tsunami di Aceh tahun 2004 dengan 8000 keluarga yang berhasil terbantukan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bencana alam

Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top