Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Janji Bangun Dermaga dan Infrastruktur Haji, Jadi Alasan Warga Jember Dukung Jokowi

Antusiasme warga Kabupaten Jember menghadiri kampanye capres nomor urut 01 Joko Widodo di Jember Sport Garden (JSG), Senin (25/3/2019), merupakan salah satu bentuk rasa terima kasih warga, atas perhatian sang petahana yang berniat membangun kabupaten terbesar ke tiga di Jawa Timur ini.
Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (tengah), menyapa simpatisan pendukungnya di Jember Sport Garden, Ajung, Jember, Jawa Timur, Senin (25/3/2019)./ANTARA-Seno
Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (tengah), menyapa simpatisan pendukungnya di Jember Sport Garden, Ajung, Jember, Jawa Timur, Senin (25/3/2019)./ANTARA-Seno

Bisnis.com, JEMBER — Antusiasme warga Kabupaten Jember menghadiri kampanye capres nomor urut 01 Joko Widodo di Jember Sport Garden (JSG), Senin (25/3/2019), merupakan salah satu bentuk rasa terima kasih warga, atas perhatian sang petahana yang berniat membangun kabupaten terbesar ke tiga di Jawa Timur ini.

Hal ini disampaikan Bupati Jember Faida dalam orasinya. Dirinya berterima kasih pada Jokowi, sebab memenuhi keinginan masyarakat lewat rencana meningkatkan fungsi Bandara Notohadinegoro Jember sebagai tempat embarkasi haji dan umroh, lengkap dengan asrama haji.

"Keputusan besar bapak akan menyambungkan jamaah, umat islam di Kab Jember dan lima kabupaten lainnya. Kita akan kompak, karena ini nanti dampaknya bukan hanya sisi religius, tetapi meningkatkan ekonomi kerakyatan, dan juga sosial budaya," jelasnya.

Gayung bersambut, Jokowi pun menyatakan bahwa Kab Jember pantas mendapat dukungan infrastuktur yang maksimal. Di antaranya berupa bandara dan dermaga, yang dijamin akan mendukung sektor pariwisata, ekonomi kreatif, dan kemaritiman.

"Saya tahu, potensi yang dimiliki Jember. Mulai dari perguruan tinggi negeri maupun swasta dan potensi sumber daya alamnya. Termasuk juga potensi pariwisata dan juga kemaritiman," ungkap Jokowi dalam pidatonya.

"Sudah selayaknya semua potensi yang ada itu harus ditunjang infrastruktur yang maksimal, baik itu bandara, dermaga, atau jalur transportasi lainnya. Semua itu dilakukan sebagai fondasi persiapan Indonesia agar semakin maju," tambahnya.

Sekadar informasi, infrastruktur yang tengah direncanakan pemerintah pusat untuk membangun Jember, yaitu meningkatkan status Bandara Notohadinegoro Jember bukan hanya dengan infrastruktur haji, tetapi sekaligus menjadi bandara skala nasional yang mampu menangani penerbangan domestik maupun internasional.

Selain itu, untuk mendukung sektor kemaritiman, tiga dermaga sudah disetujui pemerintah pusat untuk dibangun di Jember, yaitu dermaga di Pantai Puger, Pantai Payangan, dan Pantai Getem.

Ketiga, pemerintah sudah siap memberikan dukungan maksimal untuk mengembangkan industri kopi dan tembakau, serta pariwisata Jember lewat penyediaan infrastruktur. Terakhir, pemerintah pun telah memberikan prioritas dibangunnya 3.003 unit rumah bersubsidi di tahun 2019.

"Pembangunan jalan tol Trans Jawa di ruas Probolinggo-Banyuwangi, melintasi Jember, saya yakini tak hanya akan meningkatkan produksi kopi atau tembakau. Tapi lebih jauh akan mendukung target pencapaian, 20 juta kunjungan wisatawan ke Jember," kata Jokowi

"Tak hanya itu, setelah infrastruktur, jika saya terpilih kembali, program pemerintah selanjutnya akan fokus kepada pembangunan manusia. Untuk itu, saya sudah siapkan tiga kartu, yakni Kartu Sembako Murah, Kartu Indonesia Pintar untuk Kuliah, dan Kartu Pra-Kerja. Semua itu untuk mendukung agar generasi penerus warga Jember di masa depan menjadi generasi yang maju dan punya kompetensi tinggi," ungkap Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper