Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelaku Siarkan Aksi Penembakan Masjid Christchurch di Facebook

Pria yang mengidentifikasi diri bernama Brenton Tarrant dari Australia mengabadikan aksi penembakan yang ia lakukan di Masjid Al Noor, Christchurch dan menyiarkannya secara langsung di Facebook
Terduga pelaku penembakan di masjid Christchurch mengabadikan aksinya di media sosial/news.com.au
Terduga pelaku penembakan di masjid Christchurch mengabadikan aksinya di media sosial/news.com.au

Bisnis.com, JAKARTA - Kepolisian Selandia baru telah menahan tiga lelaki dan seorang perempuan yang didua terlibat dalam aksi penembakan di dua masjid di kota Christchurch.

Aparat keamanan belum merilis nama-nama orang tersebut, namun media lokal Selandia Baru dan Australia menyebutkan seorang pelaku penembakan telah menyiarkan aksi penembakan di masjid Al Noor secara langsung di media sosial.

Pria yang mengidentifikasi diri bernama Brenton Tarrant dari Australia itu juga mengunggah sebuah manifesto setebal 74 halaman yang berisi penjelasan mengenai aksi serangan yang ia lakukan. Ia menjelaskan bahwa dirinya hanyalah "seorang pria kulit putih biasa".

Berikut video aksi Brenton Tarrant (tapa suara audio) yang diunggah  akun White Is The New Green di Youtube.

Ia menulis aksi serangan tersebut telah ia rencanakan dan bertujuan untuk "mengurangi jumlah imigran yang masuk ke tanah Eropa".

Tarrant yang diketahui berusia 28 tahun itu mendeskripsikan aksi penembakan yang ia lakukan dilatarbelakangi keinginan untuk "menunjukkan pada para penjajah bahwa tanah kami tak akan pernah jadi milik mereka, tanah air kami adalah milik kami, selama orang kulit putih hidup, mereka [para penjajah] tak akan pernah menaklukkan tanah kita."

Tarrant menjelaskan bahwa ia telah menyiapkan aksi serangan ini selama dua tahun. Adapun aksi teror kelompok ekstremis di Stockholm dan Paris pada 2017 merupakan momen yang ia sebut menginspirasi tindakannya. Ia mengaku ingin membalas kematian Ebba Akerlund, anak perempuan berusia 11 tahun yang tewas pada aksi teror Stockholm.

Dalam siaran langsung yang diunggah di Facebook, Tarrant mengabadikan aksi membabi butanya saat menembak warga yang berkumpul di masjid Al Noor untuk ibadah salat Jumat.

Video yang ditayangkan oleh news.com.au itu memperlihatkan Tarrat yang berjalan ke arah masjid dan mulai menembaki setiap sudut ruangan. Para jamaah tampak tergeletak tak bergerak dan berlari untuk menyelamatkan diri. Sejauh ini media melaporkan 27 orang tewas dalam aksi keji tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper