Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Debat Capres Terakhir Tetap 13 April 2019

Komisioner KPU Wahyu Setiawan mengatakan bahwa debat kelima Pilpres akan tetap dilaksanakan pada 13 April atau empat hari menjelang pelaksanan Pilpres 2019.
Komisioner KPU Wahyu Setiawan. JIBI/Bisnis/Jaffry Prabu Prakoso
Komisioner KPU Wahyu Setiawan. JIBI/Bisnis/Jaffry Prabu Prakoso

Bisnis.com, JAKARTA - Komisioner KPU Wahyu Setiawan mengatakan bahwa debat kelima Pilpres akan tetap dilaksanakan pada 13 April atau empat hari menjelang pelaksanan Pilpres 2019.

Dia memastikan tanggal tersebut tidak bisa dimajukan lagi meski ada sebagian kalangn yang meminta jadwal itu dimajukan agar persipan pemilu lebih baik.

Wahyu mengatakan keputusan itu dibuat bersama Tim Kampanye Nasional (TKN) Jakowi-KH Ma'ruf Amin dan Badan Pemenangan Nasional (PBN) Prabowo-Sandi bahwa debat kelima diselenggarakan pada 13 April 2019.

"Tidak bisa lagi dimajukan karena sudah diputuskan tanggal 13 April," ujar Wahyu kepad wartawn, Jumat (15/3/2019).

Wahyu menerangkan kesepakatan penentuan waktu debat kelima diputuskan melalui mekanisme pengundian yang disaksikan TKN, BPN dan Bawaslu di Kantor KPU pada 26 Februari lalu.

"Jadi, itu sudah diputuskan bersama lewat mekanisme pengundian. Antara TKN 01 dan BPN 02 serta diputuskan bersama," katanya.

Lebih jauh dia menjelaskan pada saat proses pengundian 26 masing-masing pihak mulai dari Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin, Wakil Ketua Wakil Ketua BPN Priyo Budi Santoso, Direktur Program TKN Aria Bima, dan Komisioner KPU Wahyu Setiawan mengacak bola undian secara bergantian yang terletak di dalam sebuah fish bowl. 

Setelah diacak, Ketua KPU Arief Budiman kemudian mengambil bola undian tersebut. Hasilnya, Arief mengangkat bola bertuliskan angka 13, artinya pelaksanaan debat kelima jatuh dan resmi ditetapkan pada tanggal tersebut.

Mekanisme undian terpaksa dilakukan karena kedua kubu tim kampanye tidak menemui titik temu soal tanggal debat terakhir atau kelima. Masing-masing menawarkan tanggal 9 dan 13 April sehingga KPU memutuskan memakai mekanisme undian sebagai solusinya.

Debat kelima merupakan debat antara pasangan Jokowi-KH Ma'ruf Amin dengan Prabowo-Sandi. Debat ini akan dilaksanakan di Hotel Sultan, Jakarta Selatan dengan tema debat terkait ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, dan investasi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper