Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KTT Trump dan Xi Diundur Hingga April

Tiga sumber yang memiliki informasi mengenai rencana pertemuan Presiden AS Donald Trump dengan Presiden China Xi Jinping mengatakan agenda penandatanganan perjanjian yang akan mengakhiri perang dagang diperkirakan diundur.
Presiden AS Donald Trump (kiri) dan Presiden China Xi Jinping saat bertemu di KTT G20 di Hamburg, Jerman, pada 8 Juli 2017./Reuters-Saul Loeb
Presiden AS Donald Trump (kiri) dan Presiden China Xi Jinping saat bertemu di KTT G20 di Hamburg, Jerman, pada 8 Juli 2017./Reuters-Saul Loeb

Bisnis.com, JAKARTA – Tiga sumber yang memiliki informasi mengenai rencana pertemuan Presiden AS Donald Trump dengan Presiden China Xi Jinping mengatakan agenda penandatanganan perjanjian yang akan mengakhiri perang dagang diperkirakan diundur.

Terlepas dari klaim atas kemajuan yang dicapai dalam proses perundingan antara kedua belah pihak, pertemuan puncak tetap akan dilaksanakan di resor Mar-a-Lago, milik Trump, paling cepat pada akhir April.

"Staf Xi di China telah menghapus agenda kunjungan presiden ke Amerika Serikat menyusul agenda perjalanan ke Eropa pada akhir bulan ini," ujar sumber lain yang meminta agar indentitasnya dirahasiakan, seperti dikutip melalui Bloomberg, Kamis (14/3).

Indeks saham berjangka AS turun karena berita tersebut. Sementara yuan yang dijual di luar negeri memperpanjang penurunannya hingga 0,51%, penurunan terbesar sejak 1 Februari.

Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer pekan ini menyampaikan masih ada beberapa isu besar yang belum terselesaikan dalam proses perundingan. Namun dia mengatakan ada beberapa terobosan yang dicapai pada subjek sensitif seperti isu kekayaan intelektual.

Para pejabat Xi di Beijing di sisi lain masih mempermasalahkan bahwa undangan pertemuan ini disampaikan secara tiba-tiba dan merupakan langkah sepihak dari Washington. Mereka khawatir bahwa pertemuan ini justru mempermalukan Xi dengan risiko Trump akan 'walk out' kapan saja.

Staf komunikasi Gedung Putih belum memberikan tanggapan terkait dengan informasi penundaan pertemuan Trump dengan Xi. Pada saat yang sama Dewan Negara China juga belum memberikan komentar.

Trump sendiri terlihat mulai menunjukkan perubahan sikap dari yang sebelumnya lebih santai, sekarang kerap mendesak agar perjanjian dagang dapat segera disepakati paling lambat pada akhir bulan ini.

Dia juga telah menyadari kekhawatiran Beijing tentang potensi dirinya 'walk out' dari pertemuan mendatang, Trump menawarkan untuk menunda pertemuan dengan Xi hingga sudah ada kesepakatan akhir yang tercapai.

"Ada beberapa kemungkinan, ... menyelesaikan kesepakatan dan segera menandatangani perjanjian atau kita bisa menegosiasikan ulang beberapa poin terakhir. Saya lebih suka cara seperti ini. Bagaimanapun [caranya] tidak masalah," kata Trump kepada wartawan di Gedung Putih, seperti dikutip melalui Bloomberg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nirmala Aninda
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper