Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sekda Jabar : Tol NS Link Positif Segera Dibangun

Sekda Jabar Iwa Karniwa memastikan pembangunan tol North-South Link (NS Link) tahap pertama Pasirkoja-Soekarno Hatta sudah matang dan menunggu perintah lanjutan dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil.
Jalan tol/Bisnis.com
Jalan tol/Bisnis.com

Bisnis.com, BANDUNG—Sekda Jabar Iwa Karniwa memastikan pembangunan tol North-South Link (NS Link) tahap pertama Pasirkoja-Soekarno Hatta sudah matang dan menunggu perintah lanjutan dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Kepastian tersebut didapat setelah pihaknya menggelar rapat lanjutan bersama Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, PT Citra Marga Lintas Jabar (CMLJ), BUMD PT Jasa Sarana dan Pemkot Bandung.

”Positif pembangunan jalan layang tol tahap pertama akan dilakukan, dimana rencana pembangunan Pasirkoja-Sukarno Hatta dimungkinkan dikerjakan,” katanya di Gedung Sate, Bandung, Selasa (12/3).

Sekda menambahkan konsorsium NS Link juga sudah melakukan penyiapan tempat rencana pembangunan tahap pertama. Kesiapan pembangunan selanjutnya dipastikan menunggu lampu hijau dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

“Kita menunggu keputusan pimpinan, kami sebagai staf Pak Gubernur mempersiapkan segala sesuatunya. Jadi ketika diputuskan pimpinan kita sudah siap,” kata Sekda.

Menurutnya persiapan pertama hasil kajian yang dilakukan pengusul sudah dievaluasi melalui BPJT baik itu dari aspek teknis lewat Direktur Bebas Hambatan atau Direktur Jaringan. Di sisi lain, proyek ini secara legal juga sudah dikaji agar jangan sampai ada persoalan hukum.

“Sekarang sudah mendapatkan titik terang. Bahwa langkah yang dikerjakan yakni terusan Soreang-Pasirkoja sepanjang 3,8 kilometer ke Pasirkoja-Sukarno Hatta. Sedangakan pencanangannya sampai Pasupati sesuai kajian dan Cicaheum sesuai usulan Wali Kota Bandung,” kata dia.

Tol ini dipastikan akan sangat membantu Pemkot Bandung mengingat perkembangan jumlah jalan di Ibu Kota Jawa Barat tersebut hanya mencapai 0,001. Dengan adanya tol ini maka menurut Iwa merupakan angin segar mengingat makin terbatasanya lahan saat ini.

“Ini jadi angin segar di mana menambah jalan elevated sepanjang hampir 14 km. Dan ini kemungkinan mengatasi kemacetan di Kota Bandung. Dan proyek ini bagian dari regional Jalan Tol Purbaleunyi. Dengan demikian tidak hanya NS Link semata tapi ini jalan berskala tol regional,” kata Sekda.

Kepala Dinas PUPR Kota Bandung Arief Prasetya memastikan dukungan Pemkot pada proyek ini sangat tinggi mengingat terbatasnya perkembangan jalan di wilayahnya, serta makin tingginya arus kemacetan.  “NS Link ini suatu hal yang baik nanti pecah [jumlah jalan] lah kalau ini terjadi. Dan juga lalu lintas padat bisa terpecahkan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper