Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Selama April 2019, Mendagri Tjahjo Kumolo Minta Kepala Daerah Tidak Bepergian ke Luar Negeri

Menteri Dalam Negeri mengeluarkan imbauan agar kepala daerah tidak ke bepergain atau izin ke luar negeri selama April 2019. Kenapa?
Mendagri Tjahjo Kumolo/JIBI/BISNIS/Rahmad Fauzan
Mendagri Tjahjo Kumolo/JIBI/BISNIS/Rahmad Fauzan

Kabar24.com, JAKARTA — Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menginstruksikan kepala daerah dan anggota DPRD untuk tidak melakukan kunjungan ke luar negeri terhitung mulai 1 April hingga akhir April 2019.

Menurut Tjahjo, imbauan itu bertujuan agar para kepala daerah dan anggota DPRD di tingkat provinsi dan kabupaten-kota bisa turut menjaga stabilitas politik di wilayahnya pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

“Saya menghimbau terhitung mulai tanggal 1 April 2019 sampai akhir bulan April 2019 untuk tidak melakukan kunjungan kerja atau izin ke luar negeri  kepada kepala daerah, baik gubernur, bupati/walikota serta anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota juga dihimbau yang sama,” ujarnya dikutip dari keterangan resminya, Selasa (12/3/2019).

Para kepala daerah diminta turut menyuskeskan perhelatan Pemilu yang berlangsung pada 17 April 2019.

“Agar lebih konsentrasi penuh untuk sukseskan dan menjaga stabilitas politik di daerah terkait Pemilu Serentak 2019,” katanya.

Dia menilai peran kepala daerah dan anggota DPRD sangat penting dalam memberdayakan, mendayagunakan, menggerakan partisipasi masyarakat serta melakukan koordinasi secara optimal dengan berbagai instansi untuk menjaga stabilitas politik di daerahnya.

Tjahjo menjelaskan langkah yang dapat dilakukan dalam menjaga stabilitas dan kondusivitas jelang hari pencoblosa di antaranya dengan melakukan monitoring penyelenggaraan Pemilu di masing-masing wilayah untuk memantau permasalahan yang muncul sekaligus memberi solusi penyelesaian sesuai tugas dan kewenangan

Menjalin hubungan kerja  sama dan komunikasi melalui forum koordinasi pimpinan daerah/muspida, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan segenap elemen masyarakat.

Menciptakan stabilitas politik yang kondusif dalam melaksanakan Pemilu jelang pemungutan suara dengan melakukan koordinasi, komunikasi dan kerjasama antara aparat terkait dalam rangka antisipasi terhadap potensi kerawanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper