Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekam Biometrik Jemaah Haji Sudah Dimulai

Proses rekam biometrik untuk para calon Jemaah haji sudah dimulai sejak hari ini, Senin (11/3/2019) di sejumlah kantor VFS Tasheel yang tersebar di seluruh Indonesia.
Calon haji kelompok terbang (kloter) satu Embarkasi Hasanuddin menunggu giliran pemeriksaan kesehatan/Antara
Calon haji kelompok terbang (kloter) satu Embarkasi Hasanuddin menunggu giliran pemeriksaan kesehatan/Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Proses rekam biometrik untuk para calon Jemaah haji sudah dimulai sejak hari ini, Senin (11/3/2019) di sejumlah kantor VFS Tasheel yang tersebar di seluruh Indonesia.

VFS Tasheel adalah pihak yang ditunjuk oleh Pemerintah Arab Saudi untuk melakukan proses rekam biometrik. Kasubdit Dokumen Haji Direktorat Pelayanan Haji Dalam Negeri Nasrullah Jassam mengatakan meski dibuka mulai hari ini, tetapi belum semua kantor layanan VFS Tasheel sudah melakukan perekaman.

“Perekaman biometrik jemaah haji Maluku Tenggara Barat sudah mulai pagi tadi. Demikian juga dengan sekitar 85 jemaah haji di Ambon,” ujar Nasrullah dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin (11/3/2019).

Dia mengungkapkan, saat ini total ada 34 kantor layanan VFS di 34 titik, kecuali Provinsi Papua, Papua Barat, dan Maluku Utara. Menurutnya, VFS juga sedang menambah tujuh titik layanan lagi, yaitu di Solo, Semarang, Cirebon, Serang, DI Yogyakarta, Pekanbaru, dan Palembang.

“Proses perekaman berbasis manifest daftar jemaah haji diterbitkan oleh Kemenag. Kemudian, manifest itu diserahkan ke pihak VFS Tasheel untuk dilakukan input data,” ucapnya.

VFS Tasheel, imbuhnya, akan membuat jadwal perekaman, dan jemaah akan datang ke kantor VFS Tasheel sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Untuk memudahkan layanan jemaah, dia menuturkan Kemenag sudah menyampaikan usulan kepada VFS Tasheel untuk menambah titik layanan lagi di 120 lokasi yang tersebar di kabupaten/kota pada provinsi dengan jumlah Jemaah yang cukup banyak dan lokasinya jauh. Misalnya, di pulau Jawa, Sumut, Sulsel, dan beberapa daerah kepulauan.

Menurutnya, VFS Tasheel merespon positif usulan ini dan akan mengkajinya. VFS juga akan membuka layanan bergerak atau mobile services. Sementara itu, untuk wilayah seperti Papua, kemungkinan layanan bukan dalam bentuk kantor, tetapi dalam bentuk bio mobile.

"Layanannya mirip dengan layanan perpanjangan sim keliling," imbuhnya. 

Pada 25 Februari 2019, Ditjen PHU telah merilis daftar jemaah haji yang berhak melakukan pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 1440H/2019M. Hal teknis terkait rekam biometrik ini, kata Nasrullah, akan disampaikan oleh bidang haji di masing-masing Kanwil Kemenag Provinsi dan Kasi Haji Kankemenag Kab/Kota.

Berikut ini daftar alamat Kantor VFS Tasheel di beberapa kota besar:
1. Jakarta
a. Pasar Raya Blok M - Lantai 1 (Jalan Sultan Iskandarsyah II No. 1, Rt.03/Rw.01 Melawai Kebayoran Baru Jakarta Selatan, DKI Jakarta Indonesia)


b. Cipinang Indah Mall - Lantai Dasar (GF) (Jalan Raya Kalimalang No.kav. 88, RT.18/RW.3, Pondok Bambu, Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta Indonesia)


c. Epiwalk - Lantai 2 (Kawasan Rasuna Epicentrum, Jalan HR. Rasuna Said, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12940)

2. Bandung: Click Square Mall (Jalan Naripan No.89, Kb. Pisang, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat Indonesia)


3. Surabaya: BG Junction  (Jalan Bubutan No.1-7, Bubutan, Kota Surabaya, Jawa Timur Indonesia) 

4. Medan: Cambridge City Square - Lantai Dasar (Jalan S. Parman, Petisah Tengah, Kota Medan, Sumatera Utara Indonesia)


5. Makassar: VFS Tasheel – di depan Hotel The Rinra (Jalan H.M Daeng Patompo Panambungan, Mariso, Makassar , 90134, Sulawesi Selatan)

6. Balikpapan: Balikpapan Ocean Square - Lantai 3A (Jl. Jenderal Sudirman, Klandasan Ilir, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur Indonesia)


7. Banda Aceh: Gedung Pasar Atjeh - Lantai III (JL. Diponegoro, Gapong Baru, kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh Indonesia).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper