Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rencana Akuisisi Dua Pialang Asuransi Terbesar Gagal Diteken

Rencana akuisisi senilai US$24 miliar akhirnya gagal diteken antara dua pemain pialang asuransi terbesar di dunia, Aon Plc dan Willis Towers Watson Plc.
AON Plc/Bloomberg
AON Plc/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Rencana akuisisi senilai US$24 miliar akhirnya gagal diteken antara dua pemain pialang asuransi terbesar di dunia, Aon Plc dan Willis Towers Watson Plc. Yang paling mengejutkan, perubahan keputusan ini hanya terjadi dalam 24 jam.

Dikutip dari Bloomberg pada Sabtu (9/3/2019), pada Selasa (5/3/2019), Aon Plc mengkonfirmasi bahwa mereka sedang mempertimbangkan mengakuisisi Willis Towers Watson Plc, pesaingnya, dengan nilai pasar US$24 miliar.

Pada Rabu (6/3/2019) pagi, Aon berubah pikiran akibat peraturan Irlandia yang meminta mereka untuk mengumumkannya di bawah pengumuman resmi regulator setempat.

Padahal, kedua perusahaan telah melakukan diskusi sebelumnya. Bahkan, Aon mengaku telah bersiap untuk melakukan penawaran resmi dalam beberapa pekan ke depan. Namun, pembicaraan ini masih dalam tahap awal ketika kabar ini pecah.

Menurut salah seorang sumber yang enggan diidentifikasi namanya, hal ini membuat Aon menjadi sulit untuk melangkah maju karena masih menyempurnakan ketentuan penawarannya.

Aon sedang mempertimbangkan membeli seluruh saham Willis Tower. Tentu penawaran ini akan menjadi semakin mahal setelah kabar akuisisi ini membuat saham mereka turun 7,8%, sementara saham yang mereka bidik tengah naik 5,2% pada akhir Selasa. Reaksi pasar negatif itu tidak membantu situasi, kata sumber itu.

Analis di Wells Fargo & Co. menunjukkan bahwa isu regulasi pasti bakal menjadi masalah besar karena Aon dan Willis adalah pialang asuransi terbesar kedua dan ketiga berdasarkan pendapatan.

"Masalah regulasi termasuk pertumbuhan, kehilangan bisnis, dan lainnya dapat memengaruhi keputusannya untuk tidak mengejar kesepakatan saat ini," kata bank itu dalam sebuah catatan, Rabu.

Ada kemungkinan ini tidak akan menjadi akhir dari kisah Aon dan Willis. Aon mengatakan dalam pernyataannya pada hari Rabu bahwa pihaknya memiliki hak dalam 12 bulan ke depan untuk menangguhkan pengumuman yang telah mereka publikasikan.

Sementara peraturan membatasi Aon untuk menjangkau Willis selama setidaknya satu tahun, seseorang yang akrab dengan masalah ini mengatakan, Willis masih bebas untuk mendekati Aon jika ingin mengejar kesepakatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nindya Aldila
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper