Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pendaftaran UTBK SBMPTN 2019 Dibuka Lagi, Ini Tahapannya

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sudah membuka kembali pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) hari ini, Senin (4/3/2019). Pendaftaran dibuka pada pukul 08.00 WIB.
SBMPTN 2019
SBMPTN 2019

Bisnis.com, JAKARTA -  Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sudah membuka kembali pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) hari ini, Senin (4/3/2019). Pendaftaran dibuka pada pukul 08.00 WIB.

"Ini (pendaftaran UTBK) sudah lancar," ujar Ketua LTMPT Ravik Karsidi ketika dikonfirmasi Bisnis.com, Senin (4/3/2019).

Bisnis mencoba mengakses laman pendaftaran UTBK LTMPT (http://pendaftaran-utbk.ltmpt.ac.id/) setelah pukul 08.00 WIB. Namun setelah mencoba beberapa kali, laman tersebut masih sulit untuk diakses.

Ravik menduga hal tersebut disebabkan karena banyaknya orang yang mengakses laman tersebut.

"Mungkin antre saja," kata Ravik.

Untuk mengikuti UTBK, peserta harus mendaftar terlebih dahulu melalui laman http://pendaftaran-utbk.ltmpt.ac.id/ menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) untuk mendapatkan username dan password.

Setelah itu, pendaftar diminta untuk mengunggah pas foto berwarna terbaru, mengisi data, memilih jenis dan sesi ujian, serta lokasi Pusat UTBK perguruan tinggi negeri untuk mendapatkan slip pembayaran UTBK.

Pembayaran dapat dilakukan di Bank Mandiri, Bank BNI, atau Bank BTN menggunakan slip pembayaran kecuali bagi pendaftar Bidikmisi. Pembayaran harus dilakukan paling lambat 1 x 24 jam.

Setelah membayar, pendaftar diminta melakukan login ke laman pendaftaran http://pendaftaran-utbk.ltmpt.ac.id/ untuk mencetak kartu peserta UTBK. Selanjutnya, peserta ,engikuti UTBK sesuai dengan hari, tanggal, sesi, dan lokasi Pusat UTBK PTN yang dipilih.

Adapun pendaftaran UTBK yang dibuka pada 1 Maret 2019, sempat ditutup sementara lantaran kendala teknis. Beberapa kendala tersebut meliputi permasalahan NPSN dan NISN serta sistem pembayaran host to host ke bank mitra LTMPT.

Masa pendaftaran UTBK Gelombang I masih cukup panjang, yakni hingga 24 Maret 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper