Pertemuan Trump & Kim Jong-un di Hanoi Gagal Capai Kesepakatan

Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un gagal mencapai kesepakatan mengenai denuklirisasi semenanjung Korea pada pertemuan tingkat tinggi keduanya di Vietnam pada Kamis, berdasarkan pernyataan Gedung Putih.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 28 Februari 2019  |  14:12 WIB
Pertemuan Trump & Kim Jong-un di Hanoi Gagal Capai Kesepakatan
Presiden Amerika Serikat Donald Trump (kanan) dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berjalan bersama di taman Hotel Metropole, Hanoi, Vietnam, Kamis (28/2/2019). - REUTERS/Leah Millis

Kabar24, JAKARTA – Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un gagal mencapai kesepakatan mengenai denuklirisasi semenanjung Korea pada pertemuan tingkat tinggi keduanya di Vietnam pada Kamis, berdasarkan pernyataan Gedung Putih.

Sebelumnya, baik Trump dan Kim telah menyatakan harapan untuk kemajuan dalam meningkatkan hubungan dan pada isu denuklirisasi, dalam pembicaraan mereka di ibukota Vietnam, Hanoi.

"Kedua pemimpin membahas berbagai cara untuk mendorong denuklirisasi dan konsep ekonomi," ungkap juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders, seperti dikutip Reuters.

"Tidak ada kesepakatan yang dicapai saat ini, tetapi tim mereka masing-masing berharap untuk bertemu di masa mendatang," lanjutnya.

Trump dijadwalkan untuk mengadakan upacara penandatanganan perjanjian bersama  dengan Kim pada akhir pembicaraan puncak mereka, menurut pengumuman Gedung Putih sebelumnya.

Kedua pemimpin meninggalkan tempat pembicaraan mereka, hotel Metropole, pada pukul 13.25 WIB, tanpa menghadiri makan siang yang direncanakan bersama, dan kembali ke hotel mereka masing-masing.

Trump saat ini akan mengadakan konferensi pers pada jam 14.00 WIB, maju 2 jam dari jadwal sebelumnya pukul 16.00.

Sebelumnya Kim dan Trump, yang duduk berhadapan di meja konferensi, tampak yakin akan kemajuan dalam perundingan kedua negara.

"Jika saya tidak mau melakukan itu, saya tidak akan berada di sini sekarang," kata Kim kepada wartawan melalui juru bahasa, ketika ditanya apakah dia siap untuk melucuti senjata nuklirnya.

Trump, menanggapi hal tersebut dan mengatakan bahwa itu mungkin jawaban terbaik yang pernah didengar.

Kim tidak merinci apa yang akan terjadi dengan denuklirisasi, tetapi bertanya apakah dia siap untuk mengambil langkah nyata, Kim mengatakan mereka baru saja membicarakan hal itu.

"Semoga Anda memberi kami lebih banyak waktu untuk berbicara. Bahkan satu menit sangat berharga," kata Kim kepada wartawan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kim jong un, kim jong un, Donald Trump

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top