Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menlu Iran Mengundurkan Diri Mendadak

Menteri Luar Negeri Iran mendadak mengundurkan diri, inikah sebabnya?
Bendera Iran/Reuters
Bendera Iran/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Iran, Javad Zarif, menyatakan mengundurkan diri tanpa peringatan dan meminta maaf, karena perjanjian nuklir yang dia negosiasikan dengan sejumlah negara industri terancam gagal setelah AS menarik diri.

Diplomat senior itu sebelumnya menyampaikan permintaan maaf melalui akun Instagram miliknya. Akan tetapi, banyak pihak meragukan apa yang dimaksud dengan pernyataan maaf itu.

Seorang juru bicara kementerian luar negeri, Abbas Mousavi, mengkonfirmasi ke kantor berita IRNA yang dikelola pemerintah beberapa menit kemudian bahwa Zarif telah mengundurkan diri. Namun, tidak dijelaskan apa alasan pengunduran diri itu. 

Pada Minggu (24/2/2019), Zarif mengkritik garis keras Iran dalam sebuah pidato di Teheran dengan mengatakan kekecewaannya ata sikap pemerintah.

"Kita tidak bisa bersembunyi di balik rencana imperialisme dan menyalahkan mereka atas ketidakmampuan kita sendiri. Kemandirian bukan berarti isolasi dari dunia," katanya sebagaimana dikutip Theguardian.com, Selasa (26/2/2019).

Pengunduran diri zarif membuat presiden Iran yang relatif moderat, Hassan Rouhani, kehilangan salah satu sekutu utamanya dalam mendorong Republik Islam ke arah negosiasi lebih banyak dengan negara Barat.

Para analis mengatakan Rouhani menghadapi tekanan politik dari kelompok garis keras dalam pemerintahan. Pasalnya, kesepakatan nuklir semakin memburuk dan kian memperparah perekonomian negara itu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper