Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenkes Latih Tim Kesehatan Haji Asal Embarkasi Palembang

Kementerian Kesehatan melaksanakan pelatihan kompetensi bagi Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) yang akan menyertai kelompok terbang (kloter).
Pelaksanaan salat di Masjidil Haram, Makkah./Reuters-Suhaib Salem
Pelaksanaan salat di Masjidil Haram, Makkah./Reuters-Suhaib Salem

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Kesehatan melaksanakan pelatihan kompetensi bagi Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) yang akan menyertai kelompok terbang (kloter).

Sebanyak 57 calon TKHI yang berprofesi sebagai dokter dan perawat ini memperoleh pelatihan mulai 25 Februari-2 Maret 2019 di Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Palembang, Sumatera Selatan. Pelatihan dilaksanakan sebagai tahapan proses rekrutmen TKHI tahun 2019.

Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes Eka Jusup Singka mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas TKHI dalam memberikan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan kesehatan bagi jemaah haji di kloter.

“TKHI adalah pelayanan tamu Allah yang sangat penting dan strategis. Mereka bekerja langsung di lapangan. Bertemu langsung dengan jemaah. Mereka harus kompak dan menjalankan strategi penyelenggaraan kesehatan di hulu,” ujar Eka melalui keterangan tertulisnya, Selasa (26/2/2019).

Dia juga menekankan beberapa hal dasar dalam memberikan pelayanan, antara lain dengan memperkuat promosi kesehatan dan preventif tanpa mengesampingkan kegiatan kuratif dan rehabilitatif. TKHI kloter harus memiliki empat keterampilan sekaligus dalam memberikan layanan kepada jemaah haji.

Dokter dan perawat yang bertugas dalam kloter tidak hanya dituntut mampu memberikan pengobatan kepada jemaah yang sakit, tetapi juga harus mampu memberikan penyuluhan kesehatan dan mencegah kasus kesakitan di dalam lingkup kloter yang menjadi tanggung jawabnya. Hal ini yang membedakan TKHI di kloter dengan petugas kesehatan haji lainnya.

Dalam hal terjadi kasus kedaruratan medis pada jemaah haji, TKHI diminta untuk segera memberikan tindakan yang tepat (prompt treatment) demi menyelamatkan nyawa, mencegah kesakitan yang lebih parah, kecacatan bahkan kematian jemaah haji.

“Jangan ragu dalam memberikan pertolongan emergency, kalau perlu infus ditempat. Pengalaman saya, jemaah banyak yang alami dehidrasi, jangan menunggu mereka semakin parah. Gunakan masker dan payung serta semprotan air,” kata Eka.

Selama dalam kloter, TKHI tidak bekerja sendirian. Jemaah haji yang jumlahnya berkisar 400 orang tiap kloter, akan disertai pula oleh Tim Pemandu Ibadah Haji (TPIH) dan Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI).

“TKHI harus bekerjasama dengan ketua kloter dan pembimbing ibadah. Agar jemaah dapat menjalankan ibadahnya dengan baik,” katanya.

Berkaca dari hasil evaluasi penyelenggaraan kesehatan haji tahun sebelumnya, pada tahun ini Kemenkes mengupayakan agar TKHI yang bertugas lebih berkualitas. Tidak mudah mengeluh dan bersikap proaktif serta inovatif.

Oleh karena itu, dalam pelatihan ini selain materi teknis medis juga diberikan materi ilmu komunikasi dan team building. Di akhir pelatihan, akan ada ujian yang menentukan kelulusan ke tahap berikutnya.

Pelatihan bagi petugas kesehatan haji dilaksanakan oleh Pusat Kesehatan Haji Kemenkes bekerjasama dengan Pusat Pelatihan SDM Kesehatan Kemenkes melalui Balai Pelatihan Kesehatan yang ada di 13 provinsi embarkasi.

Pelatihan semacam ini merupakan bagian dari proses rekrutmen petugas kesehatan haji. Tahapan penentuan TKHI, antara lain seleksi berkas, wawancara, psikotes/tes MMPI, tes Napza, tes kebugaran, dan ujian pelatihan kompetensi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper