Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bingung Profil Caleg, Masyarakat Bisa Akses Platform Pintar Memilih

Masyarakat yang ingin mengenal calon anggota legislatif di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, calon anggota DPD, hingga profil capres-cawapres, dapat mengakses melalui platform pintarmemilih.id.
Baliho Caleg/Bisnis.com
Baliho Caleg/Bisnis.com

Kabar24.com, JAKARTA — Masyarakat yang masih bingung dengan profil calon anggota legislatif DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan calon presidan dan calon wakil presiden, saat bisa memanfaatkan aplikasi pintarmemilih.id.

Situs pintarmemilih.id merupakan platform yang bisa diakses secara gratis kerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Google Indonesia, Cek Fakta, rumahpemilu.org, dan Kok Bisa.

“Pintar Memilih menyediakan informasi Pemilu 2019—pemilu pertama dalam sejarah yang penyelenggaraan pemilihan presiden, DPR, DPRD, dan DPD dilakukan secara serentak di hari yang sama. Pintar Memilih hadir agar pemilih datang ke tempat pemungutan suara (TPS) dengan bekal informasi memadai,” kata Titi Anggraini, Direktur Eksekutif Perludem melalui keterangan resminya dikutip Senin (25/2/2019).

Dia menuturkan, pintarmemilih.id menyediakan informasi calon anggota legislatif (caleg) melalui fitur “Kenali Calon Wakil Rakyat.”

Dengan memasukkan kota tempat tinggal pada kolom pencarian yang disediakan, pengguna akan langsung disuguhkan informasi caleg sesuai dengan daerah pemilihan (dapil) tempat alamat tersebut terdaftar.

Pengguna bisa melihat profil caleg untuk mengetahui detail informasi seperti nama, partai, dapil, nomor urut, gelar akademis, nama lengkap, tempat lahir, usia, jenis kelamin, agama, status pernikahan, alamat, pendidikan, pekerjaan, status khusus (terpidana/mantan terpidana/bukan mantan terpidana), motivasi (berisi hal-hal yang melatarbelakangi calon untuk mengajukan diri sebagai bakal calon) dan target/sasaran (berisi contoh hal-hal yang akan dikerjakan ketika telah menjadi anggota DPR/DPRD Provinsi/DPRD Kab/Kota).

Selain informasi caleg, platform itu menyediakan informasi mengenai calon presiden dan wakil presiden (capres & cawapres) serta partai peserta pemilu. Informasi capres & cawapres meliputi biodata, visi-misi, dan dana kampanye.

Sementara itu, informasi partai meliputi nomor urut, akronim nama partai, alamat kantor, email, persentase keterwakilan perempuan, nama-nama pengurus harian, sosial media resmi, serta dana kampanye.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper