Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pernyataan Rudiantara #YangGajiKamuSiapa Dinilai Bukan Pelanggaran Kampanye

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menilai laporan Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) yang mengadukan Rudiantara telah melakukan pelanggaran kampanye terkait pernyataan yang gaji kamu siapa tidak dapat ditindaklanjuti.
Menkominfo Rudiantara/Bisnis.com-Muhammad Ridwan
Menkominfo Rudiantara/Bisnis.com-Muhammad Ridwan

Bisnis.com, JAKARTA – Dugaan pelanggaran yang dilakukan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara karena menanyakan siapa yang gaji seorang Aparatur Sipil Negara telah diputus Badan Pengawas Pemilu. Hasilnya tidak dapat ditindaklanjuti.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan mengatakan bahwa laporan dengan nomor 12/LP/PP/RI/00.00/II/2019 tidak ditemukan sebuah pelanggaran.

“Berdasarkan hasil penelitian dan pemeriksaan terhadap laporan yang masuk dan hasil kajian pengawas pemilu, diberitahukan status laporan tidak dapat ditindaklanjuti dengan alasan tidak memenuhi unsur tindak pidana pemilu,” katanya berdasarkan surat putusan yang diterbitkan, Jumat (22/2/2019).

Sebelumnya Advokat Cinta Tanah Air atau ACTA melaporkan Rudiantara terkait video viral #YangGajiKamuSiapa ke Bawaslu pada Jumat (1/2/2019). Anggota ACTA Yeyet Nurhayati yakin bahwa Menkominfo terindikasi melakukan pelanggaran pemilu.

#YangGajiKamuSiapa mencuat ketika acara sosialisasi informasi Pemilu yang digelar Kominfo Kamis (31/1/2019), di Hall Basket Senayan. Di acara itu, Rudiantara mengatakan pemilihan desain sosialisasi Pemilu 2019 tidak terkait Pemilu Presiden 2019.

Rudiantara pun menyuruh audience memilih 1 atau 2. Kemudian Rudiantara pun mengatakan yang nyoblos nomor 2 maju kedepan. Lalu seorang pegawai yang memilih desain nomor 2 maju dan Rudiantara menanyakan alasan ibu tersebut.

Ibu tersebut mengatakan, “Bismillahhirrahmanirrahim, mungkin terkait keyakinan saja Pak. Keyakinan atas visi misi yang disampaikan nomor dua, yakin saja.”

Rudiantara kemudian menegaskan bahwa pertanyaannya menyangkut desain stiker dan bukan pilpres 2019. Setelah itu, dia memanggil orang lain yang memilih desain 1. Orang itu kemudian menjawab desain stiker 1 lebih cerah.

“Saya terima alasan yang nomor 1, tapi saya tidak bisa terima alasan nomor 2. Mohon maaf, ibu tidak bicara mengenai desain, terima kasih bu, terima kasih,” ucapnya. Rudiantara mempersilakan dua pegawai itu turun dari panggung.

Namun saat keduanya sedang berjalan, dia memanggil kembali pegawai yang memilih desain stiker nomor 2. “Bu, Bu, yang bayar gaji Ibu siapa sekarang? Pemerintah atau siapa?,” tanya Rudiantara. Pegawai itu pun menjawab. Rudiantara kemudian menimpali. “Bukan yang keyakinan Ibu? Ya sudah, makasih.”

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rahayuningsih
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper