Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Kebohongan Jokowi, Iwan Fals: Masa Sih Presiden Bohong?

Penyanyi senior Iwan Fals tak percaya bahwa capres Joko Widodo (Jokowi) bohong dalam debat capres 2019 putaran II yang berlangsung Minggu (17/2/2019).
Musisi legendaris Iwan Fals bernyanyi menghibur penggemarnya pada konser bertajuk Nyanyian yang Tersimpan di Live Space SCBD, Jakarta, Minggu (16/12/2018) malam./ANTARA-Indrianto Eko Suwarso
Musisi legendaris Iwan Fals bernyanyi menghibur penggemarnya pada konser bertajuk Nyanyian yang Tersimpan di Live Space SCBD, Jakarta, Minggu (16/12/2018) malam./ANTARA-Indrianto Eko Suwarso

Bisnis.com, JAKARTA – Penyanyi senior Iwan Fals tak percaya bahwa capres Joko Widodo (Jokowi) bohong dalam debat capres 2019 putaran II yang berlangsung Minggu (17/2/2019).

SIMAK: 10 Kebohongan Jokowi, Begini Penjelasan TKN Jokowi-Ma'ruf

Iwan Fals mencuit di akun Twitternya @iwanfals pada 17 Februari: Masak sih “presiden” bohong, kan sudah melalui proses yg hebat utk menjadi orang nomer 1,atau mungkin seandainya berbohong, itu semua untuk kebaikan barangkali, gimanaaa

SIMAK: Debat Capres Putaran II Tak Banyak Pengaruhi Elektabilitas Jokowi dan Prabowo

Kemudian, Iwan Fals mencuit lagi dengan menautkan cuitan Muhammad Said Didu@saididu: ini maksudnya gimana ya...

@iwanfals: Ada lo bohong utk “kebaikan”, suatu ketika si papah baru pulang dari selingkuh, ditanya sama si mamah, pah capek ya, darimana emangnya? Masak dijawab, iya mah capek nih, papah baru pulang dari selingkuh, wah bisa hancur tu rumah (umpama)

@iwanfals:Ya udah tak permisi dulu, ntar nyambung lagi bo’ongnya ya...

Seperti diberitakan sebelumnya, cendekiawan/peneliti Dr.Muhammad Said Didu mencatat ada 10 kebohongan yang disampaikan Jokowi  dalam debat capres 2019 putaran II.

Sekretaris Kementerian BUMN periode 2005-2010 dan Staf Khusus Menteri ESDM 2014-2016 ini memerinci ke-10 kebohongan tersebut, yaitu:
 
1. Tahun 2018 total impor jagung 180.000 ton, padahal data impor jagung tahun 2018 sebesar 737.228 ton.

2. Produksi sawit 46 juta ton. Faktanya produksi sawit tahun 2018 sebesar 34,5 juta ton

3. Total produksi beras tahun 2018 sebesar 33 juta ton dan total konsumsi 29 juta ton. Konsumsi beras nasional 2018 sebesar 33 juta ton dan data produksi plus impor sebesar 46,5 juta Ton.

4. Jokowi menyatakan telah membangun lebih dari 191.000 km jalan desa, padahal itu adalah total jalan desa yang dibangun sejak Indonesia merdeka.

5. Jokowi menyatakan bahwa kolam bekas galian tambang sebagian telah dialih-fungsikan di antaranya untuk kolam ikan. Padahal, berbagai literatur menunjukkan bahwa area bekas tambang tidak bisa digunakan untuk apapun, karena terpapar radiasi, itu kolam di daerah tambang yang mana? bisa tunjukkan?

6. Jokowi menyatakan telah membangun infrastruktur internet jaringan 4G 100 persen di Bbarat, 100% di tengah dan 90% di timur. Padahal, data menunjukkan kurang dari 20% kabupaten dan kota bisa mengakses signal 4G.

7. Akses internet sudah sampai ke desa-desa, banyak produk pertanian memiliki market place sehingga mendapat harga yang bagus karena memotong rantai distribusi. Itu dapat informasi darimana dan dari siapa? karena dari keseluruhan market place online produk pertanian kurang dari 1% dan sisanya 99% offline.

8. Jokowi mengklaim bahwa pemerintah memenangkan gugatan Rp18-Rp19 triliun akibat kerusakan lahan, namun Greenpeace meluruskan bahwa tak satupun dari gugatan itu dibayarkan.

9. Jokowi menyatakan bahwa di negara maju butuh 10-20 tahun untuk memindahkan masyarakat dari mobil ke LRT/MRT, bisa disebutkan itu di negara mana? Jika butuh 10-20 tahun dan pembiayaan dengan hutang bagaimana status pembayarannya? kapan BEP?

10. Presiden menyatakan sejak 2015 tidak pernah terjadi kebakaran hutan, padahal data menunjukkan bahwa pada tahun 2016-2018 telah terjadi kebakaran lebih dari 30.000 hektar lahan hutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper