Debat Capres Putaran Kedua 17 Februari 2019: Sesi Penutup Prabowo Akui Kuasai Lahan HGU. Daripada Dikuasai Asing...

Debat putaran kedua diharapkan berlangsung sungguh-sungguh seperti debat yang diharapkan. Jika kedua kandidat capres tampil "lembek" saat debat, ada sejumlah dampak yang bisa terjadi. Akankah Jokowi dan Prabowo tampil garang? Saksikan siaran langsungnya di sejumlah saluran televisi atau melalui siaran streaming di Youtube.
Saeno | 17 Februari 2019 23:32 WIB
Ilustrasi sosialisasi Debat Kedua Calon Presiden Pemilu 2019 yang digelar di Hotel Sultan Jakarta, Minggu (17/2/2019) dengan tema: Energi dan Pangan, Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup, serta Infrastruktur. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Debat putaran kedua diharapkan berlangsung sungguh-sungguh seperti debat yang diharapkan. Jika kedua kandidat capres tampil "lembek" saat debat, ada sejumlah dampak yang bisa terjadi.

Akankah Jokowi dan Prabowo tampil garang? Saksikan siaran langsungnya di sejumlah saluran televisi atau melalui siaran streaming di Youtube.

Menjelang debat capres putaran kedua, Minggu malam, 17 Februari 2019 kubu Jokowi dan Prabowo terus melakukan persiapan. Sementara itu, terkait kasus Petral, Teten Masduki menantang Sudirman Said mengungkap hasil audit ke hadapan publik.

Isu Petral disebut-sebut pengamat akan menjadi salah satu "jualan" calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo alaias Jokowi pada debat capres putaran kedua.

Di sisi lain, debat antara kedua calon presiden ini disebut-sebut sebagai tarung bebas, salah satunya karena kedua kubu tidak lagi mendapatkan kisi-kisi pertanyaan seperti pada debat putaran pertama.

Debat capres putaran kedua berdasarkan jadwal akan dimulai pukul 20.00 WIB di Hotel Sultan, Jakarta.

00:04 WIB

Usai Debat Jokowi-Prabowo Saling Memuji

Calon Presiden nomor urut 01 dan 02 Joko Widodo dan Prabowo Subianto saling memberikan pujian usai Debat Capres II yang dilaksanakan di Hotel Sultan, Jakarta Selatan Minggu (17/2/2019) malam.

Meskipun terjadi adu argumen saat Debat Pilpres, Jokowi maupun Prabowo ternyata saling memberikan pujian setelah acara tersebut selesai dilaksanakan.

"Oh dia [Prabowo] sangat bagus. Beliau sangat bagus," kata Jokowi di area parkir VVIP Hotel Sultan, Minggu (17/2/2019).

Senada dengan Jokowi, Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto juga memberikan pujian kepada lawan politiknya tersebut.

"Bagus ya. Debat harus begitu, debat harus baik. Saya kira oke lah," ujar Prabowo.

22:18 WIB

Prabowo akui kuasai tanah HGU, daripada dikuasai asing

Prabowo menyatakan dirinya memiliki strategi tersendiri, terutama terkait mengatasi ketimpangan. Terkait kepemilikan tanah seperti disebutkan Jokowi pada sesi debat sebelumnya, Prabowo mengakuinya.

"Tapi itu HGU (hak guna usaha), kalau suatu saat diperlukan negara silakan ambil," ujar Prabowo. Tapi, lanjut Prabowo, daripada dikuasai asing, lebih baik lahan itu dikuasai oleh dirinya.

22:14 WIB

Jokowi sebutkan soal Petral dan Tidak Takut Hadapi Siapa pun

Jokowi menyatakan dirinya tidak akan takut melakukan apa pun untuk kemajuan Bangsa Indonesia. Jokowi menyatakan akan mencurahkan segala apa pun termasuk kekuasaan yang dimiliki untuk kemajuan bangsa. Jokowi juga menyebut soal penutupan Petral, pengambilalihan blok rokan untuk kepentingan bangasa.

 

22:12 WIB

Pernyataan penutup: Jokowi dapat kesempatan pertama

Sesi penutup capres mendapat kesempatan memberikan kata penutup dan menyampaikan mengapa masing-masing capres layak dipilih.

Jokowi mendapat kesempatan pertama untuk menyampaikan kata penutup.

22:03 WIB

Prabowo lompat ke disparitas, khawatir uang kita lari ke luar negeri

Prabowo tiba tiba melompat ke soal disparitas ekonomi. Ia menyatakan dengan kehadiran unicorn besar, internet, e-commerce, ia khawatir uang di Indonesia mempercepat lari ke luar negeri.

"Ini bukan saya pesimistis," ujar Prabowo.

22:01 WIB

Jokowi sebut 4 dari 7 unicorn di Asia ada di Indonesia

Jokowi menjelaskan dari 7 unicorn di Asia, 4 di antaranya ada di Indonesia. Jokowi menyebut soal rencana pengembangan unicorn-unicorn lain dengan melakukan inkubasi dan bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan besar di dunia.

 

21:59 WIB

Jokowi tanya soal infrastruktur yang akan dibangun Prabowo untuk dukung Unicorn

Prabowo sempat terkesan meraba-raba soal unicorn yang dimaksud Jokowi. "Maksudnya yang online-online," ujar Prabowo yang dijawab Jokowi dengan anggukan.

Prabowo menyebutkan sangat mendukung soal dorongan untuk unicorn, tapi Prabowo tidak menjawab apa yang akan dilakukan.

21:57 WIB

Jokowi soal stabilitas stok dan harga

Menanggapi Prabowo, Jokowi menyebutkan pentingnya menjaga stabilitas stok dan stabilitas harga. Kalau mau menyenangkan satu sisi bisa saja pemerintah meningkatkan harga gabah tapi hal itu juga akan berdampak kepada masyarakat.

Jokowi menyebutkan pembangunan bendungan yang hingga saat ini belum mencukupi. Jokowi menyebut strategi besar, jangka pendek dan jangka panjang terkait hal ini.

21:54 WIB

Prabowo gugat Jokowi, mengapa harus impor

Prabowo menggugat mengapa pemerintah mengimpor kalau stok sudah banyak. Prabiwi menyebutkan mestinya devisa yang ada digunakan untuk keperluan yang lain.

Prabowo juga meminta Jokowi mengecek apa yang terjadi.

21:53 WIB

Jokowi jawab impor menurun, produksi beras meningkat

Jokowi menyebutkan soal impor jagung yang menurun dibanding tahun-tahun sebelumnya, Produksi beras disebut Jokowi sekarang lebih tinggi dari saat Indonesia swasembada beras, Impor beras dilakukan untuk menjaga stok.

21:51 WIB

Prabowo tanya janji Jokowi tidak impor

Prabowo mempertanyakan janji Jokowi tidak impor tapi ternyata melakukan impor yang memukul para petani.

21:49 WIB

Debat Inspiratif, Capres Saling Bertanya dan Menanggapi

Sesi ini masing masing capres mendapat kesempatan untuk bertanya dan menanggapi. Prabowo mendapat kesempatan pertama bertanya kepada Jokowi.

21:44 WIB

Prabowo anggap debat selesai, tapi sempat sebut pengelolaan pelabuhan oleh asing

Pada sesi ini Prabowo kembali menyatakan bahwa debat sudah cukup. Namun setelah Jokowi memberikan tanggapan, Prabowo mengingatkan soal pengelolaan pelabuhan oleh pihak asing. Namun, perdebatan tidak berlanjut karena waktu sudah habis.

21:42 WIB

Jokowi pastikan selalu melakukan pengecekan

Jokowi mengakui bahwa laporan ada yang baik baik saja dan ada yang tidak baik. Meski begitu Jokowi memastikan bahwa dirinya selalu melakukan pengecekan. Dia mencontohkan soal nelayan di Tambak Lorok dan microfinancing yang dibutuhkan untuk nelayan kecil.

Jokowi juga menyebutkan bahwa tugas pemimpin adalah memastikan bahwa semuanya bisa berjalan baik.

21:41 WIB

Prabowo sebut Jokowi lebih banyak terima laporan yang baik baik saja

Prabowo menyebutkan bahwa Jokowi lebih banyak menerima laporan yang baik baik saja. Ia menyebutkan hal itu biasa terjadi di Indonesia. 

21:37 WIB

BUMN Perindo untuk nelayan kecil

Jokowi menyebutkan bahwa pemerintah punya Perindo, perikanan Indonesia, yang menangani nelayan miskin. Soal perizinan, nelayan dengan kapal di bawah 30 GT tidak perlu izin.

21:36 WIB

Akses nelayan kecil

Prabowo menyoroti akses alat, teknologi, modal dan prasarana nelayan kecil. Prabowo ingin memberdayakan nelayan kecil. Prabowo juga menyebutkan soal BUMN untuk memperhatikan nelayan kecil 

21:34 WIB

Jokowi sebut laut masa depan Indonesia

Terkait sumber daya alam Jokowi menyebutkan bahwa laut adalah masa depan Indonesia, Jokowi menyebut soal 7000 kapal asing yang sudah dikejar dan ditenggelamkan. Tinggal masyarakat memanfaatkan kondisi yang ada. Jokowi juga menyebut soal offshore yang belum dimanfaatkan dan bisa diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Konektivitas pelabuhan, tol laut dinilai Jokowi perlu terus ditingkatkan untuk kesejahteraan masyarakat.

21:32 WIB

Prabowo nyatakan debat soal tambang cukup

Menanggapi Jokowi, Prabowo menyatakan perdebatan sudah cukup. "Kalau tidak ada perbedaan untuk apa dipanjang-panjangkan lagi, jadi jangan diadu-adu. Saya pikir soal ini kita sependapat," ujar Prabowo.

Jokowi pun menyatakan setuju.

Prabowo tampak tertawa, Jokowi tersenyum.

21:30 WIB

Jokowi sebut pengawasan yang serius

Jokowi menyebutkan pengawasan yang sungguh sungguh membuktikan lubang tambang bisa dihutankan kembali. Jokowi mencontohkan soal lubang tambang di bekas galian milik Bukit Asam. Jokowi memastikan pengawasan yang ketat masalah yang ada bisa diselesaikan.

Jokowi menyebutkan ini bukan pekerjaan mudah tapi dengan kesungguhan pemerintah pusat dan daerah semua bisa dilakukan.

 

21:27 WIB

Prabowo soal masalah sosial ekonomi terkait lubang tambang yang belum ditangani

Prabowo menyebut seolah olah negara telah dikooptasi oleh perusahaan swasta. Prabowo menyebut hal itu sebagai kolusi pejabat dengan pengusaha-pengusaha besar. Prabowo hargai apa yang sudah dilakukan pemerintah dan menyebutkan pemerintahan manapun mewarisi masalah tersebut.

Prabowo menyebut pemerintah manapun perlu mengejar tapi dia menyebutkan banyak pengusaha besar yang sudah meninggalkan Indonesia sambil meninggalkan kondisi lingkungan yang terbengkalai.

21:24 WIB

Sesi Empat Debat Eksploratif tanpa batas waktu

Sesi empat dimulai, para capres akan berdebat secara eksploratif tanpa batasan waktu. Tapi, masing-masing capres tidak boleh memotong pembicaraan capres lain saat berpendapat. Moderator akan mengatur lalu lintas debat. 

21:16 WIB

Jokowi mulai menyerang, sebut lahan milik Prabowo

Terkait pembagian lahan, Jokowi menyebutkan lahan yang dimiliki Prabowo di dua provinsi berbeda. Jokowi menegaskan, di masa pemerintahannya pembagian lahan semacam itu tidak terjadi.

Saat menyampaikan hal ini, Jokowi mendapat dua kali interupsi dari moderator dengan mengatakan "maaf" dan "mohon maaf" sebagai penanda. 

21:13 WIB

Prabowo sampaikan pendekatan berbeda

Prabowo menyebut langkah Jokowi hanya populer di jangka pendek, tapi di jangka panjang dengan pertumbuhan penduduk maka tidak ada lagi yang bisa dibagikan. Prabowo menyampaikan strategi yang ditawarkan dengan menyebutkan pasal 33 UUD RI, namun penjelasan Prabowo belum selesai karena waktunya sudah habis.

21:11 WIB

Reformasi Agraria, Jokowi sebutkan sejumlah langkah

Kebagian pertanyaan soal reforma agraria, Jokowi menyebutkan antara lain soal pembagian sertifikat untuk rakyat dan konsesi lahan untuk warga.

Konsesi diiringi pendampingan agar lahan menjadi produktif, sedangkan sertifikat dimaksudkan untuk memberikan hak hukum kepada masyarakat.

21:09 WIB

Prabowo setuju, tapi....

Prabowo kembali memberikan pernyataan dukungan atas apa yang sudah dilakukan pemerintah, tapi ia juga menyebutkan ada pelanggaran yang nilainya di atas dari apa yang disampaikan Jokowi.

21:08 WIB

Jokowi sebutkan pemerintah sudah bertindak tegas

Menanggapi Prabowo, Jokowi menyebutkan bahwa pemerintah sudah bertindak tegas. Jokowi mencontohkan apa yang sudah dilakukan terkait penegakan hukum.

Pemerintah juga sudah melakukan gerakan pembersihan sungai Citarum.

21:06 WIB

Prabowo janji tegakkan hukum lingkungan

Jika terpilih menjadi Presiden RI, Prabowo berjanji akan menegakkan hukum terkait lingkungan dan tidak akan kongkalikong dengan pengusaha.

Prabowo juga akan memisahlan kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk menegakkan hukum. Prabowo juga menyinggung soal AMDAL yang ethok-ethok atau pura-pura.

21:03 WIB

Sesi Ketiga Capres Boleh Eksplor Panggung

Sesi ketiga dengan tema sumber daya alam dan lingkungan hidup, para capres dipersilakan mengeksplorasi panggung. Sementara itu moderator Tommy Cokro mengingatkan agar penonton tertib.

Capres ditanya soal strategi mengatasi lingkungan hidup,

20:56 WIB

Prabowo dukung Jokowi

Pada sesi ini Prabowo menyatakan dukungannya kepada Jokowi. Prabowo menyebutkan kalau memang baik maka ia akan mendukung. Untuk kebaikan, saya dukung, begitu kurang lebih Prabowo menyatakan dan menjadi penutup debab sesi kedua soal pangan dan energi.

20:55 WIB

B20 Sudah Rampung, Jokowi sebut Indonesia menuju B100

Jokowi menyebutkan produksi sawit sekarang sudah di angka 46 juta ton per tahun. Selain itu, B20 sudah selesai dan Indonesia sudah menuju B100 sehingga Indonesia bisa menyerap sawit.

20:51 WIB

Strategi Tata Kelola Sawit: Ini Jawaban Prabowo

Ditanya soal strategi pengelolaan sawit, B20 dan langkah terkait, Prabowo menyebut Brasil sudah bisa B90. "Saya bukan pesimis Pak, tapi sangat optimis," ujar Prabowo.

Prabowo menyebutkan optimistis bisa meningkatkan harga sawit, dan menyebutkan pentingnya meningkatkan PIR dengan plasma lebih banyak mendapat manfaat dari inti. Prabowo menyebut angka 80:20.

 

20:49 WIB

Prabowo bicara soal membela petani

Mengomentari Jokowi, Prabowo memasalahkan kemampuan Indonesia membela petani dan menyediakan pangan sendiri tanpa impor.

20:45 WIB

Strategi menghadapi revolusi industri 4.0. Ini Kata Jokowi

Jokowi menyebut revolusi industri 4.0 semua keluar dengan sangat cepat. Ia meyakini dengan percepatan pembangunan SDM Jokowi yakin kita bisa mempersiapkan masyarakat. Jokowi mencontohkan langlah mengenalkan marketplace kepada petani, kegiatan offline dan online kepada UMKM agar Indonesia tidak tertinggal.   

20:42 WIB

Jokowi sebut ada yang tidak diperhatikan soal pembangunan infrastruktur

Jokowi menyebutkan bahwa di awal dia sudah menyebutkan soal pembangunan infrastruktur untuk rakyat. Jokowi menyebutkan hal-hal seperti itu sering tidak dilihat oleh banyak orang.

20:40 WIB

Prabowo sebut Infrastruktur Bukan Jadi Beban untuk rakyat

Prabowo menyebutkan bahwa pembangunan infrastruktur untuk rakyat dengan ganti rugi yang tidak merugikan rakyat. Prabowo menyebutkan jangan sampai pembangunan infrastruktur jadi beban rakyat karena utang.

20:37 WIB

Jokowi Bantah Tanpa Feasibility Study

Jokowi membantah pembangunan tanpa feasibility study. Jokowi menyebutkan semuanya ada FS. Tentang pembangunan Bandara Kertajati yang dikritik Prabowo, Jokowi menyebutkan saat ini tinggal pembangunan jalan tol untuk menghubungkan ke Kertajati.

20:29 WIB

Pendukung Riuh Memberikan Dukungan

Debat capres kedua Minggu (17/2/2019) malam tak hanya diramaikan oleh klaim para masing-masing kandidat kedua capres yang mengklaim paling siap dalam debat kali ini.

Debat juga riuh oleh suara pendukung masing-masing kandidat dari kedua kubu. Ibu-ibu paduan suara dari pendukung capres 01 Jokowi-Ma'ruf Amin, misalnya, mereka sangat lantang menyanyikan yel-yel 'Jokowi-Amin Satu Periode Sudah Terbukti!' 

Pendukung Prabowo juga tak kalah meneriakkan nama kandidat nomor urut 02 ini.

20:21 WIB

Pengundian Kesempatan Tampil Sesi Kedua

Usai sesi pertama dan diselingi pengenalan para panelis, kedua capres mengundi tema sumber daya alam dan lingkungan hidup yang akan dibahas.

Juga dilakukan pengundian untuk menentukan video yang akan digunakan pada debat eksploratif di sesi empat debat capres.

20:19 WIB

Sesi Pertama Selesai, Prabowo Lancar, Jokowi Tersendat

Paparan visi misi sudah selesai. Prabowo yang mendapat kesempatan pertama menyelesaikan pemaparan dengan lancar, sementara Jokowi sempat tersendat.

20:17 WIB

Visi Jokowi

Mendapat kesempatan kedua, Jokowi menyampaikan visi dan misinya dalam mengelola Indonesia di masa depan. Di antaranya di bidang pangan Jokowi menyatakan pentingnya menjaga kesediaan dan ketahanan pangan. 

Di bidang lingkungan hidup Jokowi ingin kebakaran hutan dan gambut tidak terjadi lagi. Saat berbicara ini Jokowi sempat terjeda sesaat dan direspons hadirin.

20:13 WIB

Prabowo sampaikan visi misi pertama kali

Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto mendapat kesempatan untuk menyampaikan visi dan misi lebih dulu. Prabowo menyatakan sejumlah rencana termasuk menurunkan sejumlah harga dan meningkatkan pendapatan nelayan dan petani.

Prabowo juga memuji apa yang sudah ditempuh Jokowi di bidang infrastruktur.

20:11 WIB

Prabowo tersenyum, Jokowi tampak lebih serius

Sesaat sebelum debat dimulai, kamera televisi menyorot Prabowo yang tampak tersenyum. Sedangkan Jokowi terlihat lebih serius.

20:08 WIB

Arman Maulana Nyanyikan Indonesia Raya

Usai pembacaan doa, dan para calon presiden berada di panggung debat, penyanyi Armand Maulana memimpin hadirin menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

19:58 WIB

Tempat Duduk Pendukung Dipisah

Panitia memisahkan tempat duduk bagi pendukung peserta debat. Di tengah tengah antara tempat duduk untuk pendukung Jokowi dan Prabowo terdapat kursi untuk pihak KPU. Di ruangan debat hanya tersedia 600 kursi, sehingga pendukung yang tidak kebagian tempat duduk bisa menyaksikannya melalui layar nobar.

19:54 WIB

Doa Jelang Debat

Menjelang debat, digelar doa bersama dipimpin Prof. KH. Nasaruddin Umar, MA, Ph.D adalah Imam Besar Masjid Istiqlal, Jakarta. Dalam doanya salah satunya, Nasarudin menyebut soal suasana debat yang bersahabat.

19:48 WIB

Prabowo Tiba Tanpa Didampingi Sandiaga Uno

Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto tiba di lokasi debat tanpa didampingi Cawapres Sandiaga Uno. Seperti tampak pada siaran langsung SCTV, saat masih berada di dalam mobil Prabowo menggunakan kemeja lengan panjang dan berpeci hitam. 

 

19:42 WIB

Jokowi Sudah Tiba

Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo alias Jokowi tiba lebih dulu di lokasi debat. Jokowi tiba ditemani istrim Iriana Joko Widodo, dan didampingi Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Jokowi tiba dengan menggunakan kemeja khasnya lengan panjang berwarna putih, sedangkan Iriana Joko Widodo menggunakan kemeja warna senada. Sementara itu, seperti ditayangkan SCTV, Moeldoko tampak menggunakan busana berwarba berbeda.

Jokowi bersama istri didampingi Moeldoko menuju ruang VVIP yang telah disediakan.

19:17 WIB

2.981 Personel Gabungan Amankan Debat

Aparat Polri, TNI, dan Pemda DKI bersama-sama mengamankan jalannya debat capres putaran kedua malam ini, Minggu 17 Februari 2019.

Sebanyak 2.981 personel gabungan akan diturunkan untuk mengamankan debat capres putaran kedua yang akan digelar di Golden Ballroom Hotel Sultan, Jakarta.

"Pengamanan yang melibatkan unsur TNI, Polda Metro Jaya dan Pemda DKI Jakarta berjumlah 2.981 yang terbagi di beberapa titik," ujar Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Harry Kurniawan, Minggu.

18:39 WIB

Jokowi akan Lebih Rileks dan Banyak Senyum

Direktur Program TKN Jokowi-Ma'ruf Aria Bima menyatakan capres nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi akan lebih rileks dan lebih banyak tersenyum ketika menjalani Debat Capres II yang akan dimulai pukul 20.00 WIB, Minggu (17/2/2019).

"Satu hal yang beda, bahwa kali ini Pak Jokowi nggak akan serius-serius amat, untuk tampilannya akan lebih banyak senyum," ungkap Aria di Hotel Sultan, tempat Debat Capres II berlangsung, Minggu.

18:07 WIB

Prabowo Sangat Rileks

Jelang debat capres putaran kedua, Minggu (17/2/2019) malam, calon presiden Prabowo Subianto dipastikan tampil dengan sangat rileks.

Koordinator Juru Bicara Prabowo-Sandi Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan bahwa capres Prabowo bakal menawarkan solusi perubahan saat debat.

“Beliau datang dengan harapan baru, perubahan baru. Sedangkan Pak Jokowi, datang dengan beban yang sangat berat,” kata Dahnil di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

17:56 WIB

Siaran Langsung TV dan Live Streaming

Debat Capres Putaran Kedua digelar Minggu (17/2/2019), pukul 20.00 WIB malam ini akan disiarkan secara langsung melalui stasiun televisi RCTI, GTV, MNC TV, dan INews TV.

Bila tidak sempat menyaksikan Depat Capres Putaran Kedua melalui siaran televisi, Anda bisa menyimak live streaming yang ditayangkan Kompas TV via Youtube.

17:25 WIB

Jika Debat Berlangsung "Lembek", Ini Dampaknya

Pengamat politik dari FISIP Universitas Jember Muhammad Iqbal mengatakan debat calon presiden yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) diharapkan dapat mempengaruhi pemilih yang belum menentukan pilihannya. Dengan begitu angka partisipasi pemilih bisa meningkat.

"Jika acara debat malam nanti tetap berlangsung dengan gaya dan model seperti debat pertama, maka saya yakin pengaruh debat tersebut sangat tidak signifikan terhadap elektabilitas capres dan tidak dapat mempengaruhi pemilih untuk menentukan sikap," katanya di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu.

17:21 WIB

Prabowo akan Paparkan Isu Ini

Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno membeberkan materi yang akan disampaikan Prabowo Subianto, dalam debat capres kedua.

Dari hasil diskusi dan survei yang dilakukan tim internal, Sandiaga mengatakan 50% responden ingin mendengar program kubu 02 soal swasembada pangan, 30% lagi ingin mendengar soal energi.

"Ini data terakhir dari grup diskusi maupun pengambilan data sampel, di wilayah Jawa terutama dan sebarannya di wilayah timur dan wilayah barat," kata Sandiaga seusai lari pagi di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (17/2/2019).

16:43 WIB

Jokowi akan Tampil Ofensif

Sekretaris TKN Jokowi-Ma'ruf Hasto Kristiyanto menyatakan capres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) akan tetap mempertahankan gaya menyerang atau ofensif saat berhadapan dengan capres Prabowo Subianto dalam debat capres putaran II, Minggu (17/2/2019).

Hasto yang juga Sekjen PDI Perjuangan ini menyebut gaya ofensif Jokowi merupakan tanda ketegasan sikap menghadapi persoalan bangsa.

"Bahwa dia juga sosok, yang [apabila berbicara] menyangkut kepentingan yang lebih besar, bisa ofensif. Menyangkut bangsa dan negara, diperlukan ketegasan sikap," ujar Hasto saat ditemui di Posko Cemara TKN Jokowi-Ma'ruf, Minggu (17/2/2019), .

15:55 WIB

Teten Masduki Tantang Sudirman Said Buka Hasil Audit Petral

Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki mempersilakan mantan menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Sudirman Said, untuk membuka hasil audit Pertamina Energy Trading Limited atau Petral ke masyarakat.

"Hasil audit itu setahu saya mestinya sudah di KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi). Pak Dirman juga mungkin masih pegang, silakan aja dibuka ke publik," katanya lewat pesan singkat, Minggu (17/2/2019).

15:53 WIB

BPN Prabowo-Sandi Gelar Nobar Sampai ke Daerah

Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi menggelar nonton bareng debat capres sampai ke daerah-daerah.

Kepala Tim Pemberitaan Prabowo-Sandi Ariseno Ridhwan mengatakan bahwa di Jakarta ada delapan titik lokasi tersebar. Pengamat sampai tim sukses menemani nobar.

“Di media center Prabowo-Sandi, Jalan Sriwijaya I, Jakarta Selatan, kami gelar dari jam 16.30 dengan narasumber Koordinator Juru Debat Ledia Hanifah, Jubir Pangan dan Lingkungan Hidup Gari Primananda, Tim Pakar Bidang Energi Dirgo P. Purbo, Wasekjen PAN Faranzandi Syamsudi, Juru Debat Sosial, Nada Alichiah, Tim Direktorat Media dan Komunikasi dan Tim Pakar,” katanya melalui pesan instan, Minggu (17/2/2019).

12:39 WIB

Susunan Acara Debat Capres

Debat kedua capres malam ini secara keseluruhan akan berlangsung selama 2 jam dengan waktu efektif 1,5 jam.

Debat dibagi ke dalam enam segmen dimoderatori oleh Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki.

Lima isu debat akan dikelompokkan menjadi tiga bagian. Kelima isu dimaksud  yaitu infrastruktur, energi dan pangan, serta SDA dan lingkungan hidup.

Segmen pertama diawali dengan penyampaian visi misi,  dilanjutkan pengambilan undian video untuk ditampilkan pada segmen keempat.

Bagian kedua, pendalaman program infrastruktur serta energi dan pangan.

Segmen selanjutnya membahas SDA dan lingkungan hidup.

Segmen keempat  pertanyaan telah diaktualisasikan dalam bentuk video yang sudah diambil pada segmen pertama.

Di sini peserta debat mengomentari tayangan video. Mereka bakal beradu argumentasi mengenai visi misi yang jadi unggulan.

Segmen kelima disebut debat inspiratif. Jokowi dan Prabowo akan saling melempar pertanyaan seputar tema debat.

Segmen terakhir adalah pernyataan penutup. Moderator mempersilakan peserta membuat pernyataan kepada publik apa yang membuat mereka layak dipilih menjadi presiden.

10:21 WIB

Lokasi Debat Steril Sejak Sabtu Malam

Sejumlah ruangan di Hotel Sultan telah disterilkan menjelang debat Capres kedua pada malam ini, Minggu, 17 Februari 2019.

Marketing Communications Manager The Sultan Hotel Indira Puliraja mengatakan debat putaran kedua tersebut digelar di gedung utama hotel yang terletak di Jalan Gatot Subroto, Jakarta itu.

"Sudah steril sejak Sabtu malam, 16 Februari," kata Indira saat dihubungi Tempo pada Sabtu (16/2/2019) petang.

03:52 WIB

Isu-Isu ini Bisa Membuat Debat Berlangsung Panas

Center of Reform on Economics (Core) memperkirakan ada dua isu yang akan mendapatkan sorotan utama oleh kedua calon presiden dalam Debat Capres putaran II yakni infrastruktur dan pangan.

“Karena energi enggak begitu banyak yang tahu isunya, kemudian diskusinya hanya potongan-potongan kecil. Kalau diskusi infrastruktur, diskusinya akan hitam putih,” kata ekonom Core Indonesia Ahmad Akhbar Susamto dalam diskusi ‘Jelang Debat Capres II: Menakar Isu Pangan, Energi, dan Infrastruktur’, Jumat (15/2/2019).

Menurutnya, kedua capres kemungkinan hanya berkutat pada hal-hal yang tidak substantif terkait isu infrastruktur sehingga diskusinya akan berakhir menjadi hitam putih. Akibatnya, diskusi akan lebih gampang untuk diarahkan saling menyerang tanpa basis data-data yang jelas.

Sementara itu, Ismail Fahmi, Pakar Media Sosial Drone Emprit, mengemukakan isu pangan juga sangat berpotensi untuk menjadi ajang saling serang antara kedua capres.

“Isu yang paling menarik untuk dipercakapkan adalah infrastruktur. Berikutnya adalah soal pangan," jelas Ismail yang menyebut isu-isu soal harga pangan yang naik turun dan impor sebagai hal yang bisa menjadi bahan perdebatan.

02:41 WIB

Jurus "Jualan" Jokowi dan Prabowo

Joko Widodo diyakini akan "menjual" beberapa terobosan yang sudah dia lakukan di sektor energi dan pertambangan pada debat calon presiden putaran kedua, Minggu (17/2/2019), termasuk pembubaran PT Pertamina Energy Trading atau Petral.

Peneliti Alpha Research Database, Ferdy Hasiman mengatakan bahwa sejak menjadi Presiden pada tahun 2014, Jokowi mampu melakukan terobosan-terobosan penting di sektor energi dan pertambangan mineral.

“Jokowi langsung menutup anak usaha Pertamina, PT Pertamina Energy Trading atau Petral,” ujarnya, Sabtu (16/2/2019).

Sementara itu, Prabowo akan "jualan" debat simpatik saat debat capres putaran kedua berlangsung.

Anggota Tim Ekonomi, Penelitian, dan Pengembangan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Harryadin Mahardika mengatakan Prabowo tidak ingin mempermalukan Jokowi dalam debat kedua Pilpres 2019.

Meski begitu, BPN sudah menyarankan kepada Prabowo untuk mengeluarkan pertanyaan-pertanyaan yang tajam di debat kedua besok, Minggu (17/2/2019).

"Mungkin Pak Prabowo berusaha untuk menanyakan secara lebih simpatik. Ini juga positif secara elektoral karena masyarakat melihat Pak Prabowo punya sisi humanis yang lebih tinggi dari persepsi masyarakat," kata Harryadin, Sabtu (16/2/2019).

02:35 WIB

Kegiatan Cawapres 02 Sandiaga Uno

Sejumlah kegiatan juga akan dijalani Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno menjelang debat capres putaran kedua di Hotel Sultan, Minggu (17/2/2019) malam.

Pagi hari Sandi akan mengikuti lari bersama bertajuk Jakarta Berlari yang akan berakhir di di Jalan Jenggala II no.9, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Selanjutnya, Sandi akan menghadiri kegiatan Shoot Digital Campaign SSU di Cilandak, Jakarta Selatan, disambung acara Launching I’m SandiUno di kawasan Cipete Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Saat debat capres berlangsung, Sandi diagendakan menghadiri acara Nobar Debat Calon Presiden. Acara nonton bareng itu berlangsung di kawasan Cibinong, Bogor.

02:29 WIB

Kegiatan Cawapres 01 Ma'ruf Amin

Sepanjang hari Minggu 17 Februari sejumlah kegiatan akan dijalani cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin.

Pagi hingga siang hari, Ma'ruf Amin diagendakan menghadiri tabligh akbar dan istighosah bersama masyarakat se-Jaktim, dilanjutkan menghadiri acara munajat untuk keselamatan negeri di Kota Serang,  Banten.

Dari Serang, Ma'ruf akan menuju Rumah Situbondo 12, Menteng, Jakarta Pusat, menerima relawan Kesultanan Banten, relawan rabu jabar dan relawan kotak hijau.

Selanjutnya cawapres nomor urut 01 ini akan menuju Hotel Sultan untuk menghadiri debat capres putaran kedua dalam rangkaian pilpres 2019.

02:22 WIB

Agenda Prabowo

Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto diagendakan ke lokasi debat dari Rumah Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Prabowo akan berangkat menuju Hotel Sultan pada pukul 18.30 WIB.

02:19 WIB

Rencana Jokowi

Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo alias Jokowi menyatakan akan menyampaikan hal-hal yang sudah dikerjakan pemerintah dalam debat kedua Pilpres 2019, Minggu (17/2/2019).

"Besok [debat tentang] infrastruktur, kita sampaikan apa yang sudah dikerjakan. Juga masalah energi akan saya sampaikan yang kita lakukan. Pangan, data-data yang kita punyai akan disampaikan," kata Jokowi di Istana Merdeka, Sabtu (16/2/2019).

02:17 WIB

Para Rektor Jadi Panelis

Debat capres putaran kedua di Golden Balroom Hotel The Sultan, Jakarta direncanakan dihadiri para panelis antara lain sejumlah rektor perguruan tinggi, ahli pertambangan, pakar energi, serta pakar lingkungan hidup.

01:58 WIB

Debat Terbuka Jokowi vs Prabowo Tanpa Timer

Tommy Tjokro, moderator debat calon presiden (capres) putaran kedua (Minggu 17/2/2019) mengatakan bahwa debat capres putaran kedua ini akan menampilkan sesi debat terbuka antar capres tanpa pembatasan waktu di segmen keempat.

"Segmen empat ini adalah segmen yang dikembangkan berbeda dari debat pertama dan isinya adalah debat terbuka, tidak ada timer di masing-masing calon, waktu atau kontrol sepenuhnya ada di tangan kami moderator," ujar Tommy kepada Antara di Golden Ballroom Hotel Sultan, Sabtu (16/2/2019), seperti dilaporkan Antara.

Tag : Debat Capres
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top