Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Setelah Tertunda, Pendaftaran CPNS 2018 di Sulawesi Tengah Akhirnya Dibuka

Setelah mengalami penundaan karena alasan terjadinya gempa, tsunami dan liquifaksi pada 28 September 2018, pemerintah akhirnya membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 untuk instansi Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, Pemerintah Kota Palu, Pemerintah Kabupaten Sigi, Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong dan Pemerintah Kabupaten Donggala.
Suasana tes CPNS di Muba beberapa waktu lalu/Istimewa
Suasana tes CPNS di Muba beberapa waktu lalu/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah mengalami penundaan karena alasan terjadinya gempa, tsunami dan liquifaksi pada 28 September 2018, pemerintah akhirnya membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 untuk instansi Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, Pemerintah Kota Palu, Pemerintah Kabupaten Sigi, Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong dan Pemerintah Kabupaten Donggala.

Pembukaan pendaftaran tersebut diumumkan di laman https://sscn.bkn.go.id/ pada Kamis pagi ini (14/02/2019).

Dalam pengumuman tersebut, para pelamar dipersilakan melakukan pendaftaran di laman tersebut.

"Bagi yang sudah memiliki akun dan pilih instansi, tinggal unggah dokumen. Adapun mereka yang belum pilih instansi, bisa memilih ke-5 instansi tersebut dan mengunggah dokumen," demikian bunyi pengumuman di laman https://sscn.bkn.go.id/.

Pada Oktober tahun lalu, Karo Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), Mohammad Ridwan, dalam konferensi pers di Kantor Pusat BKN, mengungkap Selasa (16/10/2018). Panitia Seleksi Nasional CPNS 2018 memutuskan untuk menunda pelaksanaan Seleksi CPNS 2018 untuk wilayah Sulteng lantaran situasi yang kurang memungkinkan untuk melaksanakan seleksi.

Pasca terjadinya gempa, tsunami dan liquifaksi di wilayah Kabupaten Donggala dan Kota Palu, pemerintahan belum berjalan normal. Fasilitas di kantor-kantor, tidak memungkinkan untuk menjalankan roda pemerintahan sebagaimana situasi normal.

Di lain sisi, para pelamar CPNS juga tidak bisa mengikuti tahapan pendaftaran secara normal, sebagaimana situasi normal di wilayah-wilayah lain di Tanah Air.

"Dengan pertimbangan situasi-situasi tersebut, diputuskan pelaksanaan seleksi di instansi yaitu Pemerintah Provinsi Sulteng, Kabupaten Donggala, Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Kabupaten Parigi Moutong, ditunda ke tahun depan [2019]," ujarnya.

Panselnas CPNS 2018 menyatakan sebanyak 1,75 juta pelamar memenuhi syarat administrasi dari total jumlah pelamar yang mendaftar sebanyak lebih dari 3,7 juta orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper