Ma'ruf Amin Yakin Menang di Jabar 70 Persen, Ridwan Kamil hanya Tersenyum

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunjungi kediaman cawapres nomor urut 02 KH Ma'ruf Amin, di jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/2/2019).
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 12 Februari 2019  |  17:59 WIB
Ma'ruf Amin Yakin Menang di Jabar 70 Persen, Ridwan Kamil hanya Tersenyum
Ma'ruf Amin dan Ridwan Kamil ketika berkunjung ke kediaman Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/2/2019) - Bisnis/Aziz R

Bisnis.com, JAKARTA — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunjungi kediaman cawapres nomor urut 02 KH Ma'ruf Amin, di jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/2/2019).

Dalam kunjungannya  tersebut, pria yang akrab disapa Kang Emil ini mengaku mampir sebagai individu, sebab kebetulan dalam perjalanan dinas ke Jakarta selaku Gubernur Jawa Barat. Sebab itulah, dirinya memilih tak banyak berkomentar soal kampanye dan pemenangan Jokowi-Ma'ruf.

"Saya kebetulan ada kedinasan di Jakarta, tapi sebelum pulang, rindu, udah lama nggak ketemu [Kiai Ma'ruf]. Jadi saya ke sini minta doa beliau dulu," ungkap mantan Wali Kota Bandung periode 2013-2018 ini.

"Sebelum maju [Pilkada Jawa Barat] juga sering mendoakan Jawa Barat, karena family dan pesantren juga banyak yang dalam jaringan beliau. Saya mendoakan mudah-mudahan niat-niat baik yang sedang diihktiarkan, Allah kabulkan. Itu aja, sih. Nggak banyak yang lain-lain," jelasnya.

Ma'ruf pun membenarkan kedatangan Emil murni silaturahmi, bukan urusan politik. Walaupun, mantan Ketua MUI dan Rais Aam PBNU ini pun sempat sedikit menggoda bahwa Jokowi-Ma'ruf akan memenangkan Jawa Barat dengan target 70% suara.

"Enggak ada [pembicaraan politik], ini soal silaturahmi saja. Orang tua ke anak, anak sama orang tua," ujar Ma'ruf.

"Targetnya [Jawa Barat] itu kalo bisa ya, 70 [persen] lah," tambahnya diiringi tawa keduanya.

Menanggapi candaan kiai sepuh NU tersebut, Emil hanya tersenyum dan menolak untuk menjawab. Dirinya sebelumnya telah berpesan bahwa kapasitasnya sebagai TKD Jokowi-Ma'ruf hanya bisa dilakukan di akhir pekan.

"Saya no comment saja," ujar Emil.

"Nggak saya kira, wartawan juga memantau. Saya selalu taat aturan [kampanye]. Jadi apapun yang saya lakukan selalu dengan asas," tambahnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Pilpres 2019

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top