Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Debat Capres Putaran Kedua, TKN Pede Jokowi Unggul Dalam Isu Ini

Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin menyebut Jokowi akan lebih unggul ketika berbicara Lingkungan Hidup dan Energi ketika Debat Capres putaran kedua, Minggu (17/2/2019).
Banner Debat Capres di Hotel Bidakara, Jakarta./Antara
Banner Debat Capres di Hotel Bidakara, Jakarta./Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin menyebut Jokowi akan lebih unggul ketika berbicara Lingkungan Hidup dan Energi ketika Debat Capres putaran kedua, Minggu (17/2/2019).

Juru Bicara TKN Jokowi-Ma'ruf, Arya Sinulingga menyebutkan bahwa dua tema tersebut akan menjadi keunggulan Jokowi, sebab sebagai petahana Jokowi akan leluasa menceritakan capaiannya terlebih dahulu.

"Yang pasti lingkungan hidup iya, sekarang banyak adanya hutan sosial, itu bagaimana lingkungan hidup dimanfaatkan," ungkap Arya, Senin (12/2/2019).

"Itu salah satu, yang akan jadi unggulan kita energi juga, ya. Seperti Freeport diambil, Mahakam diambil, itu kan semakin jelas, dalam arti dikuasai bangsa kita. Itu jadi keunggulan kita juga," tambahnya.

Arya menyebutkan untuk persiapan lanjutan jelang debat antarcapres dengan tema energi, pangan, infrastruktur, sumberdaya alam, dan lingkungan hidup ini akan dilakukan diskusi kecil dalam waktu dekat.

Dari diskusi tersebut, beberapa pihak seperti tim ahli internal, LSM, dan beberapa pihak yang diminta memberikan masukan pada capres nomor urut 01 tersebut.

Oleh sebab itu Arya tak khawatir pada ancaman pihak penantang yaitu capres nomor urut 02 Prabowo Subianto yang menyebut akan mengunggulkan isu pangan sebagai andalan.

"Kalo pangan jelas, kita kan sudah peningkatan. Import kita turunkan, ada import tapi turun, itu kan bakal jadi isu [perdebatan menarik]," jelasnya.

Sebelumnya, Direktur Komunikasi Politik TKN Jokowi-Ma'ruf Usman Kansong menyatakan pihaknya memiliki banyak ahli internal di bidang Lingkungan Hidup yang akan membantu persiapan debat, sekaligus memberi masukan untuk program premerintahan lima tahun mendatang.

"Kita menerima masukan dari ahli-ahli internal yang memang fokus di Lingkungan Hidup," ujar Usman kepada Bisnis, Jumat (8/2/2019).

Di antaranya Usman menyebut politisi NasDem yang pernah berkecimpung di Yayasan Indonesia Hijau, Walhi, dan Greenpeace Asia Tenggara Emmy Hafild, aktivis lingkungan hidup yang kini kader PSI Agus Sari, dan politisi Partai Golkar Roosdinal Rhamdani Salim atau Dinal Salim yang merupakan putra mantan Menteri Lingkungan Hidup Emil Salim.

Sementara itu, dalam visi-misinya Jokowi-Ma'ruf menjelaskan secara khusus tema Lingkungan Hidup dalam poin misi mereka yang ke-4, "Mencapai Lingkungan Hidup yang Berkelanjutan."

Selengkapnya, silakan baca: Debat Capres 17 Februari: Menilik Janji-Janji Jokowi-Ma'ruf soal Lingkungan Hidup

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Aziz Rahardyan
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper