Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertanyaan Debat Capres Dibuat Unik, Moderator Diminta Paham Substansinya

Pertanyaan debat capres kedua dipastikan dibuat tidak normatif. Moderator diminta paham substansi sehingga dapat membawakan acara dengan baik.
ommy Tjokro dan Anisha Dasuki jadi moderator Debat Capres Putaran II,  17 Februari 2019
ommy Tjokro dan Anisha Dasuki jadi moderator Debat Capres Putaran II, 17 Februari 2019

Bisnis.com, JAKARTA – Pertanyaan debat capres kedua dipastikan dibuat tidak normatif. Moderator diminta paham substansi sehingga dapat membawakan acara dengan baik.

Anggota Panelis Debat, Joni Hermana mengatakan agar bisa demikian, tim penyusun pertanyaan akan berdiskusi bersama moderator, yaitu Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki.

“Sehingga kalau misalnya kan bisa saja yang ditanya ini dijawabnya ke mana. Kan tidak nyambung. Nah, harapannya kalau moderator memahami apa konten yang dimaksud nanti bisa mengarahkan para calon itu untuk menjawabnya sesuai dengan apa yang ditanya,” katanya di Jakarta, Jumat (8/2/2019).

Joni menjelaskan bahwa lembaga nonpemerintah diminta juga diminta masukan berkaitan dengan pengalaman-pengalaman mereka di bidang yang akan jadi tema debat.

Akan tetapi usulan tersebut tidak akan semuanya diterima karena semua panelis akan berdiskusi apa saja yang layak dijadikan soal.

“Kita ingin merespons apa yang diinginkan oleh masyarakat. Sehingga secara terbuka, para calon itu bisa menyampaikan apa yang menjadi pemikiran secara lebih baik dan bisa tertangkap pesannya. Artinya dalam hal ini masyarakat bisa memilah, oh ternyata ini lebih baik daripada yang lain,” ucapnya.

Debat kedua direncanakan berlangsung pada 17 Februari mendatang dengan tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Debat ini khusus untuk calon presiden yaitu Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

Ada beberapa konsep yang dipastikan berbeda dari debat sebelumnya di antaranya tidak ada kisi-kisi bagi peserta debat dan modelnya tarung bebas, tidak ada penonton tepat di depan panggung, dan peran moderator sedikit lebih leluasa dalam membawa acara.

Tarung bebas yang diusung oleh tim Prabowo-Sandi karena mereka nilai debat perdana terasa monoton. Format ini diharap bisa menjadikan debat lebih seru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper