DEBAT CAPRES 17 FEBRUARI: Visi-Misi Prabowo-Sandi di Bidang SDA & Lingkungan Hidup

Debat kedua calon presiden (capres) 2019 putaran duadigelar Minggu (17/2/109). Salah satu yang dibahas adalah masalah sumber daya alam dan lingkungan hidup. Pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memiliki program unggulan demi melestarikan keduanya.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 08 Februari 2019  |  14:43 WIB
DEBAT CAPRES 17 FEBRUARI: Visi-Misi Prabowo-Sandi di Bidang SDA & Lingkungan Hidup
Ilustrasi: Warga memunguti sampah kiriman di Pantai Padang Galak, Sanur, Bali, Senin (9/4/2018). - Antara/Wira Suryantala

Bisnis.com, JAKARTA – Debat kedua calon presiden (capres) 2019 putaran duadigelar Minggu (17/2/109). Salah satu yang dibahas adalah masalah sumber daya alam dan lingkungan hidup. Pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memiliki program unggulan demi melestarikan keduanya.

Berdasarkan visi-misi Prabowo-Sandi yang ditelusuri Bisnis.com, isu sumber daya alam (SDA) berada pada satu dari empat pilar menyejahterakan Indonesia, yaitu pilar budaya dan lingkungan hidup.

Pada program aksinya, Prabowo-Sandi berjanji mencegah dan menindak tegas pelaku pencemaran lingkungan dan pembakaran hutan serta melindungi keanekaragaman hayati flora dan fauna sebagai bagian dari aset bangsa. Kemudian, mendorong usaha pertambangan yang ramah lingkungan, dan menertibkan pertambangan liar

“Semua usaha kehutanan dan produk turunannya untuk mendapatkan sertifikat pengelolaan hutan yang diterima pasar global,” tulis Prabowo-Sandi dalam visi-misinya.

Pasangan nomor urut 02 ini juga bakal merehabilitasi hutan-hutan yang rusak guna melestarikan alam dan satwa liar, daerah aliran sungai, serta sumber air.

Penggunaan sampah plastik juga berusaha dikurangi. Caranya dengan mengganti bahan tersebut jadi nabati ramah lingkungan.

Khusus satwa liar, tata kelola perdagangan akan diperbaiki. Langkah konkretnya mengedepankan pada perlindungan satwa langka dan mengundang partisipasi yang lebih besar dari sektor swasta dalam usaha-usaha konservasi.

Pasangan yang membentuk Koalisi Indonesia Adil Makmur ini juga menaruh perhatian SDA di pilar ekonomi.

“Menghentikan kebocoran kekayaan negara di bidang sumber daya alam dengan membangun industri pengolahan bahan mentah, smelter, penyulingan minyak, menghentikan trade misinvoicing [perbedaan pencatatan pembukuan dalam aktivitas perdagangan], dan mewajibkan penyimpanan devisa hasil ekspor di bank-bank dalam negeri guna memberikan nilai tambah lebih besar untuk kemajuan perekonomian nasional,” paparnya.

Sementara itu, Prabowo pada debat perdana menganggap begitu pentingnya Indonesia dalam menguasai SDA. Apabila itu terjadi, maka negeri ini bisa menggapai cita-citanya untuk swasembada pangan, bahan bakar, air bersih, dan juga menguatkan lembaga hukum yang bersih dan kuat.

“Keadilan untuk semua keamanan untuk semua kemakmuran semua,” kata Prabowo.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sandiaga uno, prabowo subianto, Pilpres 2019

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top