Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DEBAT CAPRES 17 FEBRUARI: Menilik Visi-Misi Jokowi-Ma'ruf di Bidang Infrastruktur

Debat capres 2019 putaran kedua digelar Minggu (17/2/2019), salah satu tema yang akan dibahas yaitu masalah infrastruktur. Berikut visi-misi dan program Jokowi-Ma’ruf Amin di bidang infrastruktur.
Kendaraan melintas di jalan tol Bogor, Ciawi, Sukabumi (Bocimi) seksi I yang telah beroperasi di Ciawi, Bogor, Jawa Barat, Kamis (3/1/2019)./ANTARA-Yulius Satria Wijaya
Kendaraan melintas di jalan tol Bogor, Ciawi, Sukabumi (Bocimi) seksi I yang telah beroperasi di Ciawi, Bogor, Jawa Barat, Kamis (3/1/2019)./ANTARA-Yulius Satria Wijaya

Bisnis.com, JAKARTA -  Debat capres 2019 putaran kedua digelar Minggu (17/2/2019), salah satu tema yang akan dibahas yaitu masalah infrastruktur. Berikut visi-misi dan program Jokowi-Ma’ruf Amin di bidang infrastruktur.

Infrastruktur merupakan program prioritas era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini. Oleh sebab itu, berdasarkan penelusuran Bisnis.com, visi-misi Jokowi-Ma'ruf terkait pengembangan infrastruktur hampir ada di setiap poinnya.

Oleh sebab itu, Direktur Komunikasi Politik TKN Jokowi-Ma'ruf Usman Kansong sampai-sampai menyebut bahwa dalam debat antarcapres nanti, Jokowi akan dengan mudah menjelaskan pencapaian dan misinya ke depan.

"Debat kedua itu Pak Jokowi banget. Jokowi banget. Apalagi [membahas] infrastruktur. Jadi saya kira kita cukup banyak punya amunisi untuk menjawab pertanyaan, tapi juga amunisi untuk melontarkan gagasan-gagasan besar," ujar Usman kepada Bisnis, Jumat (8/2/2019).

Hal ini terlihat dari poin misi Jokowi-Ma'ruf ke-1, yaitu "Peningkatan Kualitas Manusia Indonesia" yang menyebut bahwa infrastruktur akan digunakan untuk reformasi sistem kesehatan dan pendidikan.

Di bidang kesehatan, Jokowi-Ma'ruf berjanji membangun pemerataan infrastruktur dasar seperti perbaikan sanitasi dan program jamban di setiap rumah.

Sedangkan di bidang pendidikan, mereka akan mempercepat infrastruktur di wilayah yang masih kurang mendapat sarana-prasarana pendidikan.

Selanjutnya, Jokowi-Ma'ruf banyak menjabarkan program infraatruktur untuk sektor industri yang tercantun dalam poin misi mereka yang ke-2,

"Struktur Ekonomi yang Produktif, Mandiri, dan Berdaya Saing."

Jokowi-Ma'ruf akan menggalakkan pemerataan pembangunan infrastruktur, mengintegrasikannya dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan Kawasan Industri, memperbaiki perumahan masyarakat penghasilan rendah, untuk pengembangan UMKM, pengembangan perkotaan, ekonomi digital, serta angkutan umum.

Sedangkan dalam poin misi ke-3, "Pembangunan yang Merata dan Berkeadilan," Jokowi-Ma'ruf berjanji mengembangkan potensi ekonomi daerah untuk pemerataan pembangunan antarwilayah.

Mendorong dan membantu daerah untuk mengembangkan potensi ekonominya masing-masing, yang dimaksudkan untuk mempercepat pemerataan pembangunan di semua wilayah.

Meningkatkan pemanfaatan infrastruktur konektivitas yang terintegrasi dengan pengembangan sektor ekonomi unggulan daerah. Bahkan, poin misi ke-5 mereka terkait "Kemajuan Budaya yang Mencerminkan Kepribadian Bangsa" pun akan digenjot Jokowi-Ma'ruf melalui pengembangan infrastruktur pendukungnya.

Merevitalisasi dan meningkatkan pembangunan pusat kebudayaan, museum, dan warisan budaya di daerah-daerah.

Pemanfaatan objek pemajuan kebudayaan untuk kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan pariwisata budaya dan industri kreatif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Aziz Rahardyan
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper