Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Trump Janji Ambil Alih Seluruh Wilayah yang Diduduki ISIS

"Harus diumumkan secara resmi sekitar minggu depan bahwa kita akan mengambil alih 100% wilayah ISIS," kata Trump pada hari Rabu di pertemuan Global coalition to Defeat ISIS di Washington, seperti dikutip Bloomberg.

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan militer AS dan sekutunya akan mengambil alih seluruh wilayah yang pernah diduduki oleh ISIS pekan depan.

"Harus diumumkan secara resmi sekitar pekan depan bahwa kita akan mengambil alih 100% wilayah ISIS," kata Trump pada hari Rabu di pertemuan Global coalition to Defeat ISIS di Washington, seperti dikutip Bloomberg.

Jenderal Joseph Votel, kepala Komando Pusat AS, mengatakan sehari sebelumnya bahwa ISIS menguasai sekitar 52 km mil persegi wilayah. Tetapi pejabat intelijen tingkat tinggi Trump juga mengatakan bahwa ribuan tentara ISIS bergerak di bawah tanah di Suriah dan Irak, menandakan bahwa jejak teritorial mereka tidak berarti mereka telah dimusnahkan.

Trump dan Menteri Luar Negeri AS Michael Pompeo telah berusaha untuk meyakinkan sekutu bahwa penarikan pasukan AS dari Suriah yang dijanjikan bukan berarti meninggalkan sekutu meraka dalam perang melawan ISIS. Keduanya kembali menggaungkan tema tersebut pada hari Rabu.

"Kami akan bekerja bersama untuk tahun-tahun mendatang," kata Trump kepada perwakilan yang berkumpul pada pertemuan tersebut.

Pertemuan itu terjadi sehari setelah Trump memperbarui janjinya untuk membawa pasukan AS pulang dari konflik di luar negeri, dengan mengatakan "negara-negara besar tidak berperang tanpa akhir."

Pompeo yang berbicara Rabu pagi di acara itu, bersumpah bahwa AS akan terus mencari kekalahan permanen ISIS.

"Ini adalah perubahan taktis, ini bukan perubahan dalam misi. Ini hanya mewakili tahap baru dalam pertarungan lama," kata Pompeo

ISIS di Irak

Pompeo menetapkan serangkaian tujuan untuk koalisi, termasuk penghapusan semua pasukan yang dipimpin Iran di Suriah dan membina solusi politik terhadap konflik yang telah berlangsung hingga delapan tahun sejalan dengan resolusi Dewan Keamanan PBB.

Namun dia juga mendesak negara-negara lain untuk berbuat lebih banyak, dengan mengatakan mereka harus mengambil kembali dan mengadili para tentara ISIS yang telah ditangkap di Suriah dan meningkatkan pengeluaran untuk membantu menstabilkan negara dan membersihkan ranjau darat.

“Sekarang adalah waktunya bagi kita semua, bukan hanya AS, untuk mengeluarkan uang kita di tempat yang kita tuju,” kata Pompeo.

Negara-negara anggota koalisi mengakui dalam pernyataan bersama bahwa perang melawan ISIS masih jauh dari selesai.

"Kepemimpinan ISIS, afiliasi, dan pendukungnya memandang kekalahan teritorialnya di Irak dan Suriah sebagai kemunduran, bukan sebagai kekalahan. Sebagai tanggapan, ISIS semakin beralih ke taktik pemberontak untuk mencoba menggoyahkan Suriah dan Irak," kata koalisi dalam sebuah pernyataan.

Menteri Luar Negeri Irak Mohammed Ali Al-Hakim menyerukan lebih banyak dukungan logistik dan teknis untuk meminta pejuang ISIS bertanggung jawab atas serangan terhadap warga Irak, terutama etnis dan agama minoritas

Di sisi lain, dia juga menekankan bahwa tugas di sana harus bergerak ke arah stabilisasi dan bukan hanya perang terbuka. Pompeo mengatakan kelompok ISIS masih mempertahankan kehadirannya di Irak.

"Kami sedang dalam proses bergerak dari aksi militer ke operasi keamanan dan intelijen," kata Al-Hakim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper