Debat Capres: Jokowi-Prabowo Bisa Lebih Mengeksplorasi Gagasan pada Debat Kedua

Peserta pemilihan presiden 2019 oko Widodo dan Prabowo Subianto dipastikan bisa mendalami ide dan gagasannya pada debat capres kedua. Perbedaan format jadi faktor kunci.
Jaffry Prabu Prakoso | 07 Februari 2019 17:59 WIB
Banner Debat Capres putaran pertama di Hotel Bidakara, Jakarta. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Peserta pemilihan presiden 2019 oko Widodo dan Prabowo Subianto dipastikan bisa mendalami ide dan gagasannya pada debat capres kedua. Perbedaan format jadi faktor kunci.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan mengatakan bahwa konsep debat ini sudah disepakati kedua tim sukses.

“KPU sudah memutuskan ada format dan mekanisme yang beda dengan [debat] pertama agar memungkinkan peserta debat tampil lebih rileks dan original, eksploratif terhadap gagasan-gagasan besar,” kata Wahyu di Jakarta, Kamis (7/2/2019).

Wahyu menjelaskan bahwa format yang berbeda ini ada pada segmen keempat. Peserta debat bakal saling adu komentar.

Sebelum lempar argumen, Jokowi dan Prabowo akan melihat satu film pendek berdurasi maksimal satu menit. Setelah ditayangkan, mereka akan memberi respons atas video tersebut.

“Tentu ada beberapa video sesuai jumlah tema. Tapi nanti akan diambil satu saja sehingga kita juga tidak tahu yang mana akan diambil. Di situ ada narasi sesuai tema lalu kandidat diminta respons,” jelas Wahyu. 

Debat kedua direncanakan berlangsung pada 17 Februari 2019 dengan tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

Format "tarung bebas" ini diusulkan oleh tim Prabowo-Sandi karena pada segmen keempat dianggap kurang memuaskan. Penyebabnya peserta debat sudah mendapatkan kisi-kisi pertanyaan.

Tag : Debat Capres, Pilpres 2019
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top