Tiga Tahun Tak Hadir, Ini Alasan Jokowi Hadiri Perayaan Imlek Nasional 2019

Sekarang saya mau datang karena semua sudah rukun, sudah bersatu, dalam sebuah perayaan Imlek nasional bersama-sama," kata Kepala Negara.
Yodie Hardiyan | 07 Februari 2019 15:37 WIB
Presiden Joko Widodo melayani permintaan foto bersama saat menghadiri Perayaan Imlek Nasional 2019 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (7/2/2019. - ANTARA/Wahyu Putro A

Bisnis.com, JAKARTA--- Presiden Joko Widodo menghadiri acara Perayaan Imlek Nasional 2019 di Jakarta International Expo, Jakarta, Kamis (7/2/2019).

Ini merupakan kali pertama Presiden menghadiri acara perayaan Imlek nasional. Presiden mengatakan dirinya tidak pernah hadir ke acara perayaan Imlek nasional dalam tiga tahun terakhir karena ada banyak forum, asosiasi atau himpunan yang mengundangnya dalam acara yang berbeda.

"Sekarang saya mau datang karena semua sudah rukun, sudah bersatu, dalam sebuah perayaan Imlek nasional bersama-sama," kata Kepala Negara dalam pidatonya di hadapan ribuan peserta perayaan tersebut.

Perayaan Imlek, menurut Presiden, akan terasa semakin indah ketika masyarakat Indonesia dari suku lain juga ikut bergembira dan turut mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek. Dalam acara yang dihadirinya itu, Presiden mengatakan terdapat 29 raja dan sultan dari seluruh tanah air yang hadir.

"Saya senang pas Tahun Baru Imlek ada barongsai, ada kembang api, inilah kekayaan budaya Indonesia," kata Kepala Negara.

Dalam pidatonya itu, Presiden Jokowi mengucapkan sejumlah kalimat yang biasa digunakan dalam perayaan Tahun Baru Imlek seperti Xin Nian Kuai Le, Gong Xi Fat Cai dan Wan Shi Ru Yi.

Ketua Panitia Perayaan Imlek Nasional 2019 Sudhamek Agoeng Waspodo Soenjoto mengucapkan terima kasih atas kehadiran Presiden Jokowi dalam acara ini. Menurut Sudhamek acara Perayaan Imlek Nasional ini merupakan kali pertama digelar.

Selain Jokowi acara ini dihadiri Presiden Indonesia Ke-5 Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden Indonesia Ke-6 Try Sutrisno, Ketua DPR Bambang Soesatyo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Agama Lukman Hakim, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan sebagainya.

Tag : jokowi, imlek
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top