Nama Mandala Shoji Terlanjur Tercetak di Surat Suara, Petugas TPS akan Beritahu Pencoretan

Artis dan juga peserta pemilu Mandala Shoji resmi dicoret dari caleg Dewan Perwakilan Rakyat setelah terbukti memberi kupon umroh. Akan tetapi surat suara sudah terlanjur dicetak. 
Jaffry Prabu Prakoso | 06 Februari 2019 18:05 WIB
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Artis dan juga peserta pemilu Mandala Shoji resmi dicoret dari caleg Dewan Perwakilan Rakyat setelah terbukti memberi kupon umroh. Akan tetapi surat suara sudah terlanjur dicetak. 

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengatakan bahwa untuk mengantisipasi masalah ini, petugas di setiap tempat pemungutan suara akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Dengan begitu tidak ada yang memilihnya. 

“Kalau masih ada yang memilihnya, masuk ke suara partai,” katanya di Gedung KPU, Jakarta, Rabu (6/2/2019).

Mandala Shoji  yang merupakan caleg Partai Amanat Nasional ini divonis hukuman 3 bulan penjara dan denda Rp5 juta subsider satu bulan kurungan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Mandala Shoji  yang tidak terima vonis tersebut sempat mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Jakarta, tapi juga ditolak.

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jakarta Pusat Halman Muhdar menjelaskan bahwa vonis Mandala sudah berkekuatan hukum tetap setelah banding ditolak Pengadilan Tinggi DKI Jakarta pada 31 Desember 2018.

“Sekarang tinggal dieksekusi. Tapi sampai sekarang yang bersangkutan menghilang,” ujarnya.

Mengacu Undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, dalam perkara pidana pemilu upaya hukum banding merupakan langkah terakhir yang bisa ditempuh terdakwa pelanggar aturan pemilu. Ini yang diberlakukan dalam kasus yang dihadapi Mandala Shoji.

Tag : caleg, Pemilu 2019
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top