Prabowo Subianto Buka-Bukaan Soal Kehidupan Pribadinya. Mau Tahu?

Dalam tatap muka yang berlangsung selama lebih kurang dari 2 jam tersebut, Prabowo yang didampingi beberapa elit BPN Prabowo-Sandi yakni Dahnil Anzar Simanjuntak (Koordinator Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi), Ahmad Muzani (Sekjen Partai Gerindra), Nanik S Deyang (Wakil Ketua BPN Prabowo-Sandi), Ariseno Ridhwan (Kepala Media Center Prabowo-Sandi), banyak hal-hal penting yang disampaikan Prabowo, baik yang disampaikan sendiri Prabowo maupun merespons pertanyaan para wartawan.
Yusran Yunus | 06 Februari 2019 10:04 WIB
Para wartawan berpose bersama Calon Presiden 2019-2024 nomor urut 02, Prabowo Subianto (sedang duduk), di kediaman Prabowo Subianto di Desa Bojongkoneng, Hambalang, Bogor, Jawa Barat - Media Center BPN Prabowo/Subianto

Bisnis.com, JAKARTA - Senin malam (04/02/2019), tim Media Center Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno (Prabowo-Sandi) mengontak para wartawan, dari media cetak, media online, televisi dan radio, menginfokan Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto (Prabowo) berkenan untuk bertemu dengan para wartawan pada keesokan harinya, Selasa (05/02/2019).

Tujuannya bukan untuk melakukan jumpa pers, tetapi hanya sekedar silaturrahmi, bertatap muka dengan wartawan yang selama beberapa waktu terakhir ini meliput kegiatan Prabowo-Sandi. Tempat silaturrahmi tidak di dalam kota. Tempatnya sangat jauh dari hiruk-pikuk Ibu Kota, tepatnya di kediaman Prabowo di Desa Bojongkoneng, Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

Di rumah nan luas dan asri dengan luas sekitar 4,8 hektar itu, mantan Danjen Kopassus ini lebih nyaman melakukan berbagai hal. Dari mulai mengurus partai yang didirikannya, Partai Gerindra, menerima tamu-tamu penting - termasuk Joko Widodo, baik saat hendak dicalonkan menjadi Gubernur DKI Jakarta maupun saat telah menjabat Presiden - , mengurus kegiatan-kegiatan pendidikan, sosial dan kemanusiaan. Hingga pada urusan melakukan hobi.

Dalam tatap muka yang berlangsung selama lebih kurang dari 2 jam tersebut, Prabowo yang didampingi beberapa elit BPN Prabowo-Sandi yakni Dahnil Anzar Simanjuntak (Koordinator Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi), ‎Ahmad Muzani (Sekjen Partai Gerindra), Nanik  S Deyang (Wakil Ketua BPN Prabowo-Sandi), Ariseno Ridhwan (Kepala Media Center Prabowo-Sandi), banyak hal-hal penting yang disampaikan Prabowo, baik yang disampaikan sendiri Prabowo maupun merespons pertanyaan para wartawan.

Namun karena terikat pada kesepakatan awal bahwa semua informasi yang dikemukakan dalam tatap muka itu hanya sebagai latar belakang dan wawasan (background) alias off the record. Akhirnya para wartawan yang berjumlah 28 orang, malam itu mengambil sisi lain yang lebih ringan dan rileks: soal hobi.

Prabowo tercatat melayani beberapa video blog (vlog) dengan wartawan, termasuk dengan Bisnis. Yang ditanyakan kepada Prabowo, macam-macam. Dari pesan untuk para warga yang merayakan Imlek, kegemaran membaca buku, mengapa senang memelihara binatang, kenapa suka ngemil cokelat.

Tips menjaga kebugaran tubuh di tengah setumpuk kesibukan harian. Hingga pada plester Hansaplast yang terlihat di lengan tangan kanan Prabowo.

Untuk soal hobi membaca buku, Prabowo mengaku salah satu kegiatan yang tidak pernah dilewatkan di waktu senggang adalah membaca buku. Tidak seperti kebanyakan orang, setiap kali pulang dari perjalanan ke luar negeri maupun ke daerah, bukan oleh-oleh yang dibawanya. Tetapi tumpukan buku hingga biasanya memenuhi satu koper.

Ditanya kenapa suka dengan buku? Ternyata Prabowo ingin 'balas dendam'. Ceritanya di masa kecil, anak ke-3 dari pasangan Prof. Dr. Soemitro Djojohadikoesoemo dan Dora Marie Sigar ini, sudah memiliki minat baca yang sangat besar. Namun karena terkendala tidak memiliki uang, keinginannya membeli buku tertunda.

"Jadi sekarang ini sedang mengejar ketertinggalan. Saya memang sangat senang membaca buku. Bahkan sampai ke kamar mandi sekalipun, saya sering membawa buku," katanya tersenyum.

Wartawan juga menanyakan ihwal kebiasannya bermain dengan hewan kesayangannya, kucing bernama Bobby, sering nongol di akun Instagram-nya. Bahkan Bobby punya akun IG sendiri dengan nama @bobbythek4t. Follower-nya saat ini sudah mencapai 21.500-an.

"Saya memang suka memelihara hewan, itu hobi saya. Tidak hanya kucing, semua hewan. Kenapa diberi nama Bobby The Cat, ya suka saja dengan nama itu".

Prabowo sedang menggendong kucing kesayangannya, Bobby The Cat/Instagram

Prabowo juga menjelaskan mengenai kebiasaanya ngemil cokelat, terutama saat berada dalam perjalanan. "Cokelat itu memberi ketenangan, penenang," ujarnya. Malam sudah semakin larut, jarum jam sudah menunjukkan pukul 00.45 wib, sudah masuk Rabu dinihari. Terakhir Prabowo membocorkan rahasia penting: tipsnya menjaga kebugaran tubuh di tengah seabrek kesibukannya. Ternyata, Prabowo sangat suka mengkonsumsi obat-obatan tradisional/alami alias herbal.

"Obat yang paling hebat itu, ya dari alam. Saya suka makan bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit, madu. Saya juga sekali minum kopi. Dan juga berolahraga. Gitu dulu ya".

 Kepala Media Center Prabowo-Sandi, Ariseno Ridhwan mengatakan tatap muka dengan Prabowo ini sudah lama diniatkan dengan tujuan mempererat silaturrahmi dengan para wartawan. Sekaligus mendengar beragam masukan dan kritikan dari wartawan. Termasuk melakukan debat yang konstruktif.

"Pak Prabowo senang mendapat gambaran dan masukan berbagai hal dari wartawan. Pertemuan seperti ini sekaligus menepis info-info miring soal beliau, seperti beliau dituding menjaga jarak dan marah dengan rekan-rekan wartawan. Kesan miring seperti itu terbantahkan dengan dialog cair seperti tadi malam. Ke depannya, beliau akan lebih sering bertukar pikiran dengan teman-teman wartawan," ujarnya kepada Bisnis, Rabu pagi (06/02/2019).

Tag : Capres Prabowo Subianto
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top