Nias Selatan Diguncang Gempa 6,1 SR Dinihari Tadi

Wilayah Nias Selatan Sumatera Utara diguncang gempa dinihari tadi.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 05 Februari 2019  |  07:11 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Wilayah Nias Selatan Sumatera Utara diguncang gempa dinihari tadi.

BMKG menuturkan, gempa berkekuatan 6.1 SR tadi terletak dengan kedalaman 11 kilometer di 0.46 LS - 97.98 BT.

Adapun pusat gempa berada di jarak 130 km Tenggara Nias Selatan Sumut.

Meski demikian, BMKG menyatakan gempa itu tidak berpptensi tsunami.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan M=6,1, yang kemudian dimutakhirkan menjadi Mw=5,6. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0,38 LS dan 98,19 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 127 km arah Tenggara Nias Selatan pada kedalaman 24 km. 

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu oleh penyesaran naik (thrust fault). •

Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Nias Selatan, Pasaman, Bukittinggi, Padang Panjang III MMI, Pariaman, Padang, Payakumbuh II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 03.05 WIB, Hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 2 kali aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
gempa

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top