Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Begini Cara Supaya Siswa Lolos SNMPTN 2019

Pada Senin (4/2/2019) pukul 08.00 WIB laman pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah dibuka. Siswa yang lolos pemeringkatan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dapat melakukan login via https://web.snmptn.ac.id.
Siswa mendaftar SNMPTN/Antara
Siswa mendaftar SNMPTN/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pada Senin (4/2/2019) pukul 08.00 WIB laman pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah dibuka. Siswa yang lolos pemeringkatan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dapat melakukan login via https://web.snmptn.ac.id.

LTMPT mengumumkan, tahun ini siswa yang masuk pemeringkatan dan eligibel atau berhak untuk mendaftar SNMPTN mencapai 613.860 orang. Tentunya lulus masuk perguruan tinggi negeri menjadi harapan banyak siswa yang mengikuti seleksi tersebut.

Untuk lolos SNMPTN perlu diperhatikan bagaimana proses seleksi yang dilakukan oleh LTMPT.

Dalam pendaftaran SNMPTN 2019, siswa pendaftar hanya diperbolehkan untuk memilih maksimal dua program studi (prodi) dalam satu perguruan tinggi negeri (PTN) atau dua PTN. Perlu diingat bahwa urutan pilihan PTN dan prodi menyatakan prioritas pilihan.

Nantinya, siswa pendaftar akan diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan prodi. Bagi siswa pendaftar yang memilih prodi di dua PTN, jika tidak lulus di PTN pilihan pertama, siswa pendaftar akan diikutkan seleksi di PTN pilihan kedua berdasarkan ketersediaan daya tampung.

Sedangkan untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), siswa pendaftar hanya diizinkan memilih prodi yang relevan sesuai ketentuan oleh masing-masing PTN.

Untuk memperbesar peluang lolos, tentu perlu diperhatikan juga mengenai jumlah peminat dan daya tampung prodi di masing-masing PTN. Proses seleksi didasarkan pada nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya, sehingga bila Anda kurang percaya diri dengan nilai rapor Anda, bisa dicoba dengan memilih jurusan yang memiliki daya tampung besar dan peminat yang sedikit untuk memperbesar peluang lolos.

Terkait daftar program studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2019 baru dapat dilihat pada laman http://www.snmptn.ac.id selama periode pendaftaran dibuka.

Adapun untuk menjaring calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik, proses seleksi dilakukan dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya yang relevan dengan program studi yang dipilih.

Panitia SNMPTN juga memperhitungkan rekam jejak kinerja sekolah. Selain itu, seleksi juga menggunakan kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTN secara adil, akuntabel, dan transparan.

Pendaftaran SNMPTN akan berlangsung hingga 14 Februari 2019 dan pengumuman kelulusan akan disampaikan pada 23 Maret 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper