Lakukan Kunjungan Dadakan, Xi Jinping Kejutkan Warga Beijing

Xi tampak berbincang dengan pemilik sebuah restoran kecil di kota itu dan menyapa warga yang ia temui di jalan
Iim Fathimah Timorria | 03 Februari 2019 19:59 WIB
Presiden China Xi Jinping menyapa pemilik restoran kecil di Beijing dalam lawatan tak terduga yang ia lakukan - CCTV via Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Penduduk kota Beijing, China dikejutkan dengan kunjungan tak terduga Presiden Xi Jinping di sebuah restoran kecil di kota tersebut.

Interaksi santai antara politikus senior dan masyarakat umum adalah peristiwa langka di China. Para pemimpin Negeri Tirai Bambu biasanya tertutup perihal hal pribadi. Mulai dari urusan ulang tahun sampai latar belakang keluarga kerap dirahasiakan dan bukan untuk konsumsi publik.

Pemimpin China umumnya memanfaatkan waktu menjelang libur Tahun Baru Imlek dengan melakukan perjalanan inspeksi yang telah diatur dan terencana. Kunjungan dilaksanakan ke lokasi di dalam negeri yang menjadi fokus kebijakan setahun ke depan.

Tahun lalu Xi mengunjungi penduduk desa dengan ekonomi rendah di bagian barat daya China. Ia kembali menekankan kampanye melawan kemiskinan dalam lawatan tersebut.

Dalam sebuah video yang ditayangkan oleh stasiun CCTV milik pemerintah, Xi tampak menyapa para pengunjung dan berbincang dengan petugas jasa pengiriman. Peristiwa itu dilaporkan terjadi Jumat lalu dan tidak direncanakan.

Xi terlihat berjalan ke restoran di distrik selatan Beijing yang dikenal dengan lorong-lorong tradisional dan halaman-halamannya. Ia menanyakan berapa harga makanan di restoran itu kepada sang pemilik dan berapa lama pemiliknya telah tinggal di Beijing

Ketika pengunjung berdiri untuk mengambil foto, Xi mengatakan pada mereka untuk tidak berhenti makan karena kehadirannya.

"Saya baru saja lewat," kata Xi sebagaimana dikutip Reuters, Minggu (3/2/2019).

Ia juga mengobrol dengan para pekerja jasa pengiriman yang mengelilingi Beijing untuk mengantarkan paket dengan sepeda motor. Masyarkat tampak berjalan di belakangnya sembari melihat momen langka itu.

Di tengah citra positif yang ia bangun dan popularitasnya di kalangan penduduk China karena kebijakan anti korupsinya, Xi diketahui jarang berinteraksi santai sejak menjabat sebagai presiden enam tahun lalu.

Pada tahun 2014, Xi juga pernah mengejutkan warga Beijing dengan aksi serupa. Ia mengunjungi rumah penduduk, mengobrol dengan masyarakat yang berjalan di daerah perbelanjaan Beijing. Ia mendapat banyak pujian dari pengguna media sosial atas interaksi publik yang dinilai tak biasa itu.

Tag : xi jinping
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top