Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

6 Kepala Daerah di Maluku Utara Hadiri Deklarasi Dukung Jokowi-Ma'ruf

Sebanyak sembilan dari 10 kepala daerah tingkat II di Provinsi Maluku Utara menyatakan dukungannya kepada pasangan nomor urut 01, Jokowi-KH Ma'ruf Amin. Salah satunya Hendrata Theis, Bupati Kepulauan Sula yang juga Ketua DPD Partai Demokrat (PD) Provinsi Malut.
Sebanyak 5 Bupati dan 1 Wali Kota di Maluku Utara mendeklarasikan dukungan kepada capres Jokowi-Ma'ruf / Istimewa
Sebanyak 5 Bupati dan 1 Wali Kota di Maluku Utara mendeklarasikan dukungan kepada capres Jokowi-Ma'ruf / Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak sembilan dari 10 kepala daerah tingkat II di Provinsi Maluku Utara menyatakan dukungannya kepada pasangan nomor urut 01, Jokowi-KH Ma'ruf Amin. Salah satunya Hendrata Theis, Bupati Kepulauan Sula yang juga Ketua DPD Partai Demokrat (PD) Provinsi Malut.

Dalam informasi yang disebarluaskan tim Komunikasi Politik Jokowi-Maruf, deklarasi para kepala daerah Maluku Utara itu disampaikan lewat pernyataan di hadapan wartawan dan Sekretaris TKN Jokowi-KH Ma'ruf Amin Hasto Kristiyanto, Minggu (3/2). Lokasinya di Rumah Aspirasi Jokowi-Ma'ruf, tepat di depan kantor pusat PD di Jalan Proklamasi, Menteng.

Di acara itu, yang hadir adalah enam orang kepala daerah. Yakni Wali Kota Tidore Kepulauan Ali Ibrahim, Bupati Halmahera Barat Danny Missy, Hendrata, Bupati Halmahera Utara Frans Manery, Bupati Pulau Morotai Benny Laos, Bupati Pulau Taliabu Aliong Mus. 

Tiga Bupati tidak sempat hadir karena tidak dapat tiket pesawat. Tapi sudah menyatakan dukungannya ke paslon 01. Yaitu Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman, Bupati Halmahera Timur Muhdin dan Bupati Halmahera Selatan Bahrain Kasuba.

Hadir juga Ketua DPRD Prov. Maluku Utara Alien Mus, serta belasan anggota DPRD Provinsi Malut lainnya.

"Kami 9 dari 10 kepala daerah kabupaten kota di Maluku Utara mendukung Pak Jokowi-KH Ma'ruf Amin. Maluku Utara ingin maju di bawah kepemimpinan Pak Jokowi," kata Hendrata yang menjadi juru bicara para kepala daerah.

"Kami komitmen Maluku Utara (memenangkan Jokowi-Ma'ruf, red) 90 persen. Kita dalam politik bicara dengan kerja keras. Demi kemenangan kita Indonesia," tambahnya.

Ketua DPRD Provinsi Maluku Utara, Alien Mus, mengatakan dukungan kepada Jokowi-Ma'ruf adalah hal wajar. Sebab kepemimpinan Jokowi memang membangun dari desa. Perekonomian di desa-desa di Maluku Utara berjalan lancar.

"Khususnya dengan adanya dana desa Rp1 miliar per desa," kata Alien.

Sebagai seorang perempuan, Politikus Gokar itu mengatakan kepemimpinan Jokowi sangat memperhatikan isu perempuan. Pelayanan kesehatan untuk perempuan di Maluku Utara sudah sangat luar biasa.

"Alhamdulillah, dokter-dokter sudah ada di desa-desa, Yang tadinya tidak ada sama sekali sekarang sudah ada. Tang tadinya tak ada SD, TK, SMP, SMA sekarang semua sudah rata adanya," kata Alien Mus.

"NKRI harga mati dan kami tidak terpengaruh hoaks dan perbedaan agama. Sebab kami mempercayai Pak Jokowi memperjuangkan semua."

Hasto sendiri menyatakan pihaknya berterima kasih atas dukungan para kepada daerah itu. Secara khusus, Hasto mengatakan Maluku dan Maluku Utara punya pengalaman pahit berupa konflik di masa lalu. Maka itu, ketika fitnah dan hoaks mulai berseliweran demi ambisi politik di pemilu, komitmen para kepala daerah menjaga kedamaian patut didukung.

"Ini merupakan dukungan yang baik, positif, dan sekaligus menjadi energi positif bagi Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf Amin sebagai pemimpin yang menggambarkan Indonesia kita. Persatuan umaroh dan ulama, persatuan antara kekuatan nasionalis agamis," ujar Hasto.

Hasto mengatakan dukungan para kepala daerah itu datang dalam momentum yang tepat. Dukungan itu diharapkan lanjut ke kerja-kerja politik di lapangan.

'Setelah ini, semua akan bergerak ke bawah, dan langsung kami akan keluarkan surat tugas untuk memimpin di daerahnya masing-masing sesuai target yang sudah disampaikan," kata Hasto.

"Mereka juga mengatakan berbagai isu hoaks dan fitnah tidak lagi digunakan karena mereka merasakan sebuah konflik, sebuah perpecahan. Modal utama kita adalah persatuan bangsa itu sendiri," tambah Hasto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fahmi Achmad
Editor : Fahmi Achmad

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper