Perayaan Imlek Sudah Berlangsung Sejak 4.500 Tahun Lalu

Tradisi Imlek yang dirayakan tiap tahun, sebenarnya telah dikenal sejak 4.500 tahun yang lalu. Perayaan Tahun Baru China, Imlek adalah salah satu tradisi Tionghoa yang berasal dari Tiongkok, China.
Putri Salsabila
Putri Salsabila - Bisnis.com 02 Februari 2019  |  10:16 WIB
Perayaan Imlek Sudah Berlangsung Sejak 4.500 Tahun Lalu
Pengunjung mencari pernak-pernik Tahun Baru Imlek 2570 di Medan, Sumatra Utara, Kamis (31/1/2018). - ANTARA/Septianda Perdana

Bisnis.com, JAKARTA - Tradisi Imlek yang dirayakan tiap tahun, sebenarnya telah dikenal sejak 4.500 tahun yang lalu. Perayaan Tahun Baru China, Imlek adalah salah satu tradisi Tionghoa yang berasal dari Tiongkok, China.

Perayaan ini dilakukan sebagai bentuk syukur hadirnya musim semi yang menjadi sumber lahirnya kehidupan setelah musim dingin berlalu.

Menurut Guru dan Konsultan Bazi dan Fengshui Suhu Tan Kim Tian bahwa, Tiongkok sudah mengenal kalender sejak 4.500 tahun yang lalu.

"Perayaan musim semi juga sudah ada sejak sebelum Tiongkok mengenal kalender,” ujarnya, Jumat (1/2/2019).

Suhu Tan berkata bahwa  Imlek ke- 2570 ini adalah tahun kalender yang sudah disepakati sejak dinasti Han.

“Sebenarnya sudah mengenal kalender sebelum 2.570 tahun yang lalu, hanya saja sistem kalender terputus-putus. Setiap dinasti selalu membuat kalender baru lagi,” ujarnya.

Suhu Tan menyebut bahwa sebelum 4500 tahun yang lalu, perayaan musim semi sudah dilakukan di Tiongkok. Jauh sebelum kaum Tionghoa mengenal kalender, karena alam sudah memiliki empat musim tersebut.

“Nah sejak zaman dinasti Han, yang membakukan kalender untuk tidak diubah-ubah lagi, itu 2570 tahun yang lalu,” tambahnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
tahun baru, imlek

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top