Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Investor Diminta Santai Menghadapi Tahun Politik, Begini Alasannya

Tahun politik 2019 diyakini tak memengaruhi performa ekonomi di dalam negeri. Para investor pun diminta tidak perlu khawatir menghadapi situasi tersebut.
Dika Irawan
Dika Irawan - Bisnis.com 26 Januari 2019  |  07:35 WIB
Petugas melakukan pengecekan kualitas surat suara Pilpres 2019 saat pencetakan surat suara di Jakarta, Minggu (20/1/2019). - ANTARA/Muhammad Adimaja
Petugas melakukan pengecekan kualitas surat suara Pilpres 2019 saat pencetakan surat suara di Jakarta, Minggu (20/1/2019). - ANTARA/Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA – Tahun politik 2019 diyakini tak memengaruhi performa ekonomi di dalam negeri. Para investor pun diminta tidak perlu khawatir menghadapi situasi tersebut.

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya mengatakan, biasanya menurunnya performa ekonomi dipengaruhi oleh situasi global. Misalnya, perang dagang antara Amerika Serikat dan China menekan pergerkan rupiah dan IHSG. Sementara dpada pilpres 2014 dan pilkada serentak situsi pasar tetap stabil.

“Ada rel yang berbeda [antara politik dan ekonomi]. Yang harus dilihat adalah rentannya ekonomi kita pada kondisi global,” katanya katanya pada acara investmen outlook dengan tema "Kemilau Emas di Tahun Babi 2019" di Hotel Ritz Carlton Kuningan, Jakarta, Jumat malam (25/1).

Namun, situasi politik bisa saja mempengaruhi iklim investasi atau perekonomian dengan beberapa catatan. Seandainya salah satu calon presiden memiliki ambisi mengubah sistem perekonomian nasional. Kemudian, munculnya konflik berdarah. Dalam kondisi tersebut, pasar berpotensi bergejolak.

Untuk saat ini, Yunarto mengatakan, investor tidak perlu khawatir karena bising-bising para pendukung capres hanya ada di sosial media. Kenyatannya, situasi masih damai. Antar para pendukung capres tidak sampai bentrok.

Begitu pun, dengan Joko Widodo dan Prabowo belum tampak keinginan mereka mengubah sistem perekonomian. Menurutnya, gagasan yang disampaikan kedua capres tersebut tidak ada bedanya satu dengan lainnya.

“Jadi bapak ibu tidak usah takut berinvestasi pada tahun ini,” katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pilpres 2019
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top