Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SNMPTN 2019: 4 Cara Pendaftaran, Memilih Perguruan Tinggi dan Program Studi

endaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan dibukadua pekan mendatang atau pada 4 Februari 2019. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.
Siswa mendaftar SNMPTN/Antara
Siswa mendaftar SNMPTN/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan dibukadua pekan mendatang atau  pada 4 Februari  2019. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Pendaftaran SNMPTN akan berlangsung hingga 14 Februari 2019 dan pengumuman kelulusan akan disampaikan pada 23 Maret 2019. Sementara itu, panitia juga sudah membuka jadwal pengisian dan verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) sejak 4 Januari 2019, dan akan segera ditutup pada 25 Januari mendatang.

Setelah pengisian dan verifikasi PDSS, tahapan selanjutnya adalah pemeringkatan siswa yang dilakukan oleh sistem Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) berdasarkan nilai mata pelajaran dan ketentuan akreditasi sekolah. Bagi siswa yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh LTMPT dapat melakukan pendaftaran ke laman resmi SNMPTN 2019 http://web.snmptn.ac.id.

Terdapat empat langkah dalam melakukan pendaftaran SNMPTN, yaitu sebagai berikut:

a. Siswa pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh LTMPT, login ke laman SNMPTN 2019 menggunakan NISN dan password.

b. Siswa pendaftar mengisi biodata yang ada, pilihan PTN, dan pilihan program studi. Peserta juga diminta untuk mengunggah pas foto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (apabila ada). Siswa pendaftar diimbau untuk membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihannya.

c. Siswa pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh kepala sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman SNMPTN, www.snmptn.ac.id.

d. Siswa pendaftar mencetak kartu bukti pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Sementara itu, dalam melakukan pendaftaran, siswa pendaftar juga perlu memperhatikan hal-hal berikut dalam memilih PTN dan program studi yang diminati:

a. Siswa pendaftar dapat memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN.

b. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.

c. Siswa SMK hanya diizinkan memilih program studi yang relevan sesuai ketentuan oleh masing-masing PTN.

d. Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2019 dapat dilihat pada laman http://www.snmptn.ac.id selama periode pendaftaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper