Tes Baca Alquran, Capres-Cawapres Wajib Kuasai Surah Fatihah & Juz Amma

Tes Baca Alquran yang digagas Ikatan Dai Aceh (IDA) akan mengetes Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden dengan bacaan surah Fatihah sebagai materi wajib dan Juz Amma atau kumpulan surat pendek sebagai tambahan.
Aziz Rahardyan | 15 Januari 2019 00:47 WIB
Pasangan calon Presiden Joko Widodo-Maruf Amin (kanan) dan pasangan capres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno berdoa, di sela-sela pengambilan undian nomor urut untuk Pilpres 2019, di kantor Komisi Pemilihan Umum, Jakarta, Jumat (21/9/2018). - JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA — Tes Baca Alquran yang digagas Ikatan Dai Aceh (IDA) akan mengetes Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden dengan bacaan surah Fatihah sebagai materi wajib dan Juz Amma atau kumpulan surat pendek sebagai tambahan.

Kendati demikian, Ketua IDA Tgk Marsyuddin Ishak menyatakan pada Senin (14/1/2019) pihaknya masih akan berkonsultasi dengan MUI untuk meminta masukan terkait teknis Tes Baca Alquran tersebut.

"Pertama itu surah Al-Fatihah itu wajib, dan kami wacanakan surah pendek. Namun demikian, kami masih membuka peluang surah-surah lain dari beberapa tokoh ulama yang kami akan musyawarahkan di kemudian hari," kata Marsyuddin ketika berkunjung ke Posko TKN Jokowi-Ma'ruf di Rumah Cemara 19, Menteng, Jakarta Pusat.

Menanggapi hal tersebut, Zuhairi Misrawi, Juru Bicara TKN Jokowi-Ma'ruf menanggapi secara positif wacana surah Fatihah sebagai syarat wajib Tes Baca Alquran sebab tes ini bukanlah ide baru dan sudah sering digelar sebagai syarat menjadi calon kepala daerah di Aceh.

"Kami menyambut baik kedatangan Ikatan Dai Aceh sebagai bagian upaya kami untuk menghormati kearifan lokal warga Aceh yang lazim bagi para calon pemimpin mereka baik di tingkat provinsi atau tingkat kab/kota," jelas jelas tokoh muda NU lulusan Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir ini dalam kesempatan yang sama.

Zuhairi menambahkan Surah Fatihah yang dikenal sebagai induk Alquran merupakan surat wajib dalam ibadah salat. Sehingga ketika seseorang tidak sanggup melafalkan Surah Fatihah dengan baik, ada yang menilai salat orang tersebut tidak sah.

Itulah salah satu alasan kenapa Surah Fatihah menjadi materi wajib Tes Baca Alquran yang diusulkan IDA.

"Kemudian ada ujian baca surah-surah pendek biasanya itu Juz 30 atau dikenal dengan Juz Amma. Tapi ini juga opsional, bisa mengambil materi dari surah-surah di luar surat Juz 30. Bisa Al Baqarah, bisa Ali Imron, bisa Al Maidah, bisa Al Anam, bisa Al hujurat, bisa Annisa, dan lainnya," tambahnya.

Tag : Pilpres 2019
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top