TKN Jokowi-Ma'ruf Sambut Positif Tes Baca Alquran Usulan Ikatan Dai Aceh

Pihak TKN Jokowi-Ma'ruf menghormati usulan tersebut sebab tes baca Alquran bukanlah ide baru dan sudah sering digelar sebagai syarat bagi calon kepala daerah di Aceh.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 14 Januari 2019  |  18:27 WIB
TKN Jokowi-Ma'ruf Sambut Positif Tes Baca Alquran Usulan Ikatan Dai Aceh
Dari kiri: Juru Bicara TKN Jokowi-Ma'ruf Zuhairi Misrawi, Wakil Direktur Saksi TKN Jokowi-Ma'ruf Lukman Edy, dan Direktur Komunikasi Politik TKN Jokowi-Ma'ruf Usman Kansong - Bisnis/Aziz R

Bisnis.com, JAKARTA — Wacana Tes Baca Alquran untuk Capres-Cawapres yang digagas Ikatan Dai Aceh (IDA) ditanggapi positif oleh TKN Jokowi-Ma'ruf.

Hal ini dipaparkan oleh Zuhairi Misrawi, Juru Bicara TKN Jokowi-Ma'ruf usai menerima kunjungan dari perwakilan IDA di Rumah Cemara 19, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (14/1/2019).

Tokoh muda NU lulusan Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir ini menyebut pihaknya menghormati usulan tersebut sebab tes baca Alquran bukan ide baru dan sudah sering digelar sebagai syarat bagi calon kepala daerah di Aceh.

"Kami menyambut baik kedatangan Ikatan Dai Aceh sebagai bagian upaya kami untuk menghormati kearifan lokal warga Aceh yang lazim bagi para calon pemimpin mereka baik di tingkat provinsi atau tingkat kab/kota," jelas Zuhairi.

"Jadi ini [Tes Baca Alquran] bukan sesuatu yang istimewa, bagi orang Aceh ini adalah sesuatu yang biasa-biasa saja, karena ini berlaku juga bagi para Calon Gubernur, Wakil Gubernur, Calon Bupati, Wakil Bupati, Calon Walikota, Calon Wakil Walikota, atau bahkan calon PNS," tambahnya.

Sebab itulah, Wakil Direktur Saksi TKN Jokowi-Ma'ruf Lukman Edy menambahkan pihak TKN akan mengatur jadwal Jokowi-Ma'ruf secepatnya, sebagai jawaban atas surat permohonan dan kunjungan perwakilan IDA terkait Tes Baca Alquran.

"Itu intinya bahwa TKN akan merespon surat tersebut dan hari ini akan kami serahkan pada teman-teman dari Aceh bahwa kami siap dan tentu jadwalnya nanti akan disesuaikan. Kapan misalnya pak Jokowi dan pak Kiai Ma'ruf akan punya waktu luang untuk ke Aceh atau dengan teknis yang lain," ungkap Lukman.

Di sisi lain, pihak IDA pun telah mengunjungi posko BPN Prabowo-Sandiaga, Senin (14/1/2019) sekitar pukul 10.00 WIB.

Ketua IDA Tgk Marsyuddin Ishak menyatakan pihak sekretariat BPN Prabowo-Sandiaga belum memberikan tanggapan resmi sebab akan membicarakannya terlebih dahulu secara internal.

"Kami datang hari ini ke media center [pasangan calon] 02, diterima dengan baik. Kami ingin menanyakan jawaban resmi dari kedua pasangan calon," jelas Marsyuddin.

"Namun dari pihak sekretariat tadi menjelaskan bapak [Prabowo Subianto] sedang di luar mempersiapkan acara yang besar. Mungkin ini [jawaban Tes Baca Alquran] akan dirapatkan kembali. InsyaAllah dalam waktu dekat mendapatkan jawaban," tambahnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jokowi, prabowo subianto, Pilpres 2019

Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top