Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Akan Cari Mekanisme Terbaik untuk Kuliah-Magang di Taiwan

Banyaknya mekanisme yang mengatur proses perekrutan dinilai sebagai salah satu penyebab munculnya permasalahan pada mahasiswa program kuliah-magang di Taiwan.
Kepala Taipei Economic and Trade Office (TETO) di Jakarta, John Chen (tengah), saat menyampaikan keterangan dalam konferensi pers di Kantor TETO, Jakarta Selatan, Jumat (4/1/2019)./Bisnis-Iim Fathimah Timmoria
Kepala Taipei Economic and Trade Office (TETO) di Jakarta, John Chen (tengah), saat menyampaikan keterangan dalam konferensi pers di Kantor TETO, Jakarta Selatan, Jumat (4/1/2019)./Bisnis-Iim Fathimah Timmoria

Bisnis.com, JAKARTA - Banyaknya mekanisme yang mengatur proses perekrutan dinilai sebagai salah satu penyebab munculnya permasalahan pada mahasiswa program kuliah-magang di Taiwan. 

Demikian disampaikan Direktur Perlindungan WNI dan BHI Lalu Muhammad Iqbal.

"Jadi persoalannya adalah terlalu banyak mekanisme. Ada mekanisme kuliah melalui Dikti, Pemprov Bangka Belitung, lewat yayasan. Tidak satu pintu," kata Iqbal di Jakarta, Rabu (9/1/2019).

Iqbal menilai program kuliah-magang bertajuk Academia-Industry Collaboration yang dijalankan universitas-universitas di Taiwan sesungguhnya bertujuan baik.

Program tersebut memungkinkan pelajar Indonesia, yang memiliki keterbatasan dana untuk kuliah secara mandiri, dapat melakukan pembiayaan melalui magang dan kerja sampingan. Namun, ujarnya, hal tersebut belum diikuti tata kelola yang baik.

Kendati tim perwakilan dari Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei tidak menemukan indikasi kerja paksa dari 8 universitas yang dikunjungi, Iqbal memaparkan dugaan pelanggaran tersebut masih ada.

Pelanggaran berupa jam kerja yang melebihi batas aturan otoritas Taiwan kemungkinan berasal dari universitas yang belum disurvei. Hal ini misalnya, dialami mahasiswa yang berangkat melalui mekanisme kerja sama Pemerintah Provinsi Bangka Belitung dan universitas di Taiwan.

"Permasalahan jam kerja berlebihan terletak di pihak perantara yang menghubungkan mahasiswa dan universitas. Merekalah yang mempekerjakan mahasiswa melebihi jam kerja. Aturan sebenarnya melarang mahasiswa tahun pertama untuk bekerja lebih dari 20 jam karena mereka mendapat beasiswa dari otoritas Taiwan. Tahun kedua baru boleh kerja 40 jam seminggu," papar Iqbal.

Iqbal membeberkan bahwa pelanggaran yang diduga dilakukan perantara atau pihak ketiga terjadi di Indonesia, juga Taiwan. Berdasarkan informasi yang diperoleh, calon mahasiswa bahkan diminta membayar Rp15 juta hingga Rp30 juta sebelum berangkat ke Taiwan.

"Kami masih mengumpulkan data yang lebih lengkap dan kita masih memikirkan tata kelola terbaik. Dengan Kemristekdikti pun kita sudah sepakat untuk mencari tata kelola yang lebih baik," tambah Iqbal.

Pemerintah Indonesia menghentikan untuk sementara pengiriman mahasiswa program kuliah-magang di Taiwan. Hal itu dilakukan setelah sebuah laporan dari media Taiwan menyebut adanya dugaan kerja paksa terhadap mahasiswa asal Indonesia.

Mahasiswa Indonesia dikabarkan dipekerjakan melebihi batas waktu yang telah diatur Kementerian Ketenagakerjaan Taiwan. Para mahasiswa program ini bekerja selama empat hari dengan durasi kerja 10 jam per hari dan hanya menjalankan perkuliahan selama dua hari.

Otoritas Taiwan telah menyangkal tuduhan tersebut. Mereka menegaskan bahwa jam kerja sebanyak 40 jam dilakukan mahasiswa tahun kedua sebagai bagian dari skema kuliah-magang berdurasi 20 jam. Sisanya adalah kerja sampingan yang merupakan pilihan dari mahasiswa terkait.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper