Vietnam Disebut Jadi Lokasi KTT ke-2 Trump-Kim Jong-un

Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un kemungkinan mengadakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) kedua di ibukota Vietnam, Hanoi, untuk membahas ambisi nuklir Pyongyang, ungkap surat kabar Korea Selatan Munhwa Ilbo.
Aprianto Cahyo Nugroho | 07 Januari 2019 14:49 WIB
Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berjalan setelah makan siang di Hotel Capella, Pulau Sentosa, Singapura, 12 Juni 2018. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un kemungkinan mengadakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) kedua di ibukota Vietnam, Hanoi, untuk membahas ambisi nuklir Pyongyang, ungkap surat kabar Korea Selatan Munhwa Ilbo.

Perkembangan pembicaraan denuklirisasi yang dimulai sejak Trump dan Kim mengadakan pertemuan pada Juni 2018 lalu terhenti karena Washington dan Pyongyang masing-masing meminta yang lain untuk bertindak terlebih dahulu.

KTT kedua kemungkinan membahas masalah keamanan global setelah Kim menekan Trump dengan mengancam dalam pidato tahunan Tahun Baru untuk mengambil "jalan baru," jika AS tidak melonggarkan sanksi ekonomi.

Dilansir Reuters dari surat kabar tersebut, para pejabat AS telah bertemu dengan pejabat Korea Utara di Hanoi untuk berdiskusi untuk menyesuaikan penjadwalan untuk pembicaraan.

KTT kedua AS-Korut tersebut pasti akan menarik perhatian global dan membantu meningkatkan profil negara tuan rumah. Namun hal tersebut juga menghadirkan tantangan keamanan yang sangat besar bagi Trump dan Kim.

Vietnam adalah sekutu lama Korea Utara yang memiliki hubungan baik dengan AS. Spekulasi tentang prospek negara tersebut sebagai lokasi KTT tumbuh setelah kunjungan Menteri Luar Negeri Korea Utara Ri Yong Ho dari 29 November – 2 Desember 2018.

Surat kabar Korea Selatan JoongAng Ilbo sebelumnya melaporkan bahwa Mark Lambert, seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri AS yang menangani masalah Korea Utara, mengunjungi Vietnam pada bulan Desember. Namun belum dapat dipastikan apakah dia berada di Vietnam pada saat yang sama dengan menteri luar negeri Korut.

Sebagai lokasi KTT, Hanoi  memiliki beberapa hotel kelas atas. Partai Komunis yang berkuasa di Vietnam juga memiliki aparat keamanan untuk memadamkan protes dan menjaga Trump dan Kim dari warga yang ingin mengetahui keduanya.

Trump sebelumnya mengatakan dia berencana untuk mengadakan pertemuan kedua dengan Kim pada awal bulan ini, meskipun tanggal dan lokasi belum diumumkan.

Kota-kota lain sebelumnya disebut sebagai lokasi pertemuan, termasuk Singapura, Mongolia, dan Swiss.

Tag : kim jong un, Donald Trump
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top