Dubes Korea Utara di Italia Menghilang, Cari Suaka ke Barat

Seorang diplomat Korea Utara, yang hingga baru-baru ini menjabat sebagai duta besar sementara untuk Italia, menghilang, kata seorang anggota parlemen Korea Selatan, Kamis (3/1/2019). Diplomat itu disebut-sebut sebagai Dubes Sementara Korut untuk Italia, yang seharusnya mengakhiri tugasnya November 2018.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 03 Januari 2019  |  18:05 WIB
Dubes Korea Utara di Italia Menghilang, Cari Suaka ke Barat
Bendera Korea Utara - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Seorang diplomat Korea Utara, yang hingga baru-baru ini menjabat sebagai duta besar sementara untuk Italia, menghilang, kata seorang anggota parlemen Korea Selatan, Kamis (3/1/2019).

Diplomat itu disebut-sebut sebagai Dubes Sementara Korut untuk Italia, yang seharusnya mengakhiri tugasnya November 2018.

Sebelumnya, sebuah surat kabar Korsel melaporkan bahwa diplomat Korut yang bernama Jo Song Gil itu sedang mencari suaka di Barat.

Jo Song Gil menghilang bersama istrinya setelah mereka meninggalkan kedutaan besar pada awal November tanpa pemberitahuan, ungkap Kim Mink-ki, anggota parlemen Korsel yang mendapatkan pemaparan dari Dinas Intelijen Nasional.

Pada Kamis pagi, koran JoongAng Ilbo dengan mengutip seorang sumber tanpa nama di kalangan diplomat melaporkan bahwa “Jo, 48, telah mengajukan permohonan untuk mendapatkan suaka di sebuah negara Barat, yang tidak disebutkan,” ujarnya seperti dilaporkan Antara, Kamis (3/1/2019).

Jo dilaporkan berada di "tempat yang aman" bersama keluarganya di bawah perlindungan pemerintah Italia.

Kim mengatakan kepada para wartawan bahwa ia memiliki informasi soal kasus tersebut tapi tidak bisa membicarakannya.

"Mereka (Jo dan keluarganya) meninggalkan misi diplomatik dan menghilang," kata Kim.

Jika kabar itu benar, Jo menambah daftar diplomat senior yang berusaha kabur dari Korea Utara, negara miskin di bawah kepemimpinan Kim Jong Un.

Thae Yong Ho, saat menjabat sebagai wakil duta besar Korut untuk Inggris, membelot bersama keluarganya ke Korea Selatan pada Agustus 2016. Thae adalah diplomat tingkat tertinggi yang pernah mengambil langkah tersebut.

Jo Song Gil mulai menjabat sebagai duta besar sementara pada Oktober 2017 setelah Italia mengusir duta besar Korut saat itu, Mun Jong Nam, sebagai protes atas uji coba nuklir jarak jauh yang dilakukan Korea Utara --pelanggaran terhadap aturan sanksi Perserikatan Bangsa-bangsa.

“Jo mulai bertugas pada Mei 2015 dan sebenarnya dijadwalkan mengakhiri tugasnya pada akhir November,” kata Kim.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Korea Utara

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top